Senin, 13 Januari 2020

Mencegah Bibit Kelapa Kopyor Keriting


Cara Mencegah dan Mengatasi Daun Bibit Kelapa Kopyor Keriting

Bibit kelapa kopyor sedang menjadi primadona di kalangan para petani kelapa saat ini. Secara umum pohon kelapa kopyor yang banyak di cari adalah bibit genjah kopyor. Memiliki pohon dengan ukuran pendek dan cepat menghasilkan buah. Bukan hanya itu budidaya kelapa kopyor memiliki keuntungan tersendiri dibanding jenis kelapa lainnya. Buah kelapa kopyor memiliki nilai ekonomis yang tinggi, harganya bisa 10x lipat dibanding kelapa sayur pada umumnya.

Sebelum memulai budidaya kelapa kopyor, sebaiknya di perhatikan pula kesiapan lahan maupun bibit. Pemilihan bibit kelapa kopyor yang baik apabila memenuhi kiteria syarat tumbuh. Tidak jarang bibit yang telah di seleksi dengan baik pun menemui kendala juga seperti keriting pada daun, apabila tidak di tangani dengan tepat menjadi kering kurang sehat dan kemudian mati.
bibit kelapa kopyor keriting


Tentu petani kelapa kopyor enggan mengalami kejadian ini bukan? Maka perlu ada solusi untuk mencegah dan mengatasi daun bibit kelapa kopyor yang keriting dan kering. Apabila di biarkan Ini akan menghambat tingkat produktifitas manggar dan buah di saat dewasa,  Daun keriting biasanya disebabkan hama yang bersarang di janur muda saat masih masa pertumbuhan. Hama yang bersarang pada janur atau daun dapat menjadi perantara virus yang mengakibatkan berbagai macam penyakit, sehingga pertumbuhan bibit kelapa kopyor tidak maksimal.

Keriting pada daun bibit kelapa kopyor juga dapat mengganggu penampilan bibit yang dihasilkan, daun menjadi kisut, mengkerut dan perlahan akan mati karena serangan penyakit yang massif. Penyebabnya bisa dari jenis tungau, kutu daun dan thrips yang dapat menularkan penyakit pada bibit kelapa kopyor sehat apabila tidak segera di atasi.  Gejala serangannya seperti warna tulang daun berubah menjadi kuning terang, menggulung dari pangkal ke ujung. Pada pohon dewasa tanaman menjadi kerdil (tidak sehat) produktifitas manggar dan buah menurun, pada keadaan yang parah membuat pohon tidak berbuah sama sekali.

Pengendalian hama daun keriting ini adalah dengan membasmi hewan pembawa virus ini. Hama jenis kutu kutuan dapat di kendalikan dengan pemberian pestisida berbahan aktif abamectin. Pestisida pengendali hama ini dapat di peroleh di toko penyedia obat pertanian. Seperti penyemprotan fastak (racun hama). Apabila di celah –celah ketiak daun pelepahnya titemukan hama jenis brontispa longissima maka sebaiknya mnenggunakan furadan dengan cara di tabur di celah celah ketiak pelepah daunnya dengan kombinasi penyemprotan furadan.

Apabila daun yang keriting sudah mulai mongering, pangkas daun yang kering kemudian dapat di semprotkan dengan marshal 5g tunggu sampai keluar daun baru, kurang lebih selama satu bulan akan dapat terlihat daun baru yang hijau dan kembali sehat. Perawatan pohon kelapa kopyor yang telah sehat juga perlu di perhatikan. Seperti kebutuhan air dan nutrisinya sehingga akan di hasilkan pohon kelapa kopyor yang siap produksi.

5 komentar:

Keuntungan Menanam Pohon Kelapa

  Menanam pohon kelapa memberikan berbagai keuntungan ekonomi, ekologis, dan sosial. Berikut adalah beberapa manfaat atau keuntungan yang ...