Kelapa Kopyor



Kelapa Kopyor adalah sebutan untuk kelapa yang memiliki kelainan genetic (kopyor). Ciri-cirinya adalah daging buahnya yang empuk dan terlepas dari tempurungnya. Kelapa kopyor memiliki cirri khas rasa yang gurih dan enak serta segar. Buah kelapa kopyor bisa diketahui dengan cara menggoyang-goyangkan buahnya ke kiri dan ke kanan sehingga terdengar bunyi seolah buah kelapa tersebut bukan terisi air tetapi terisi pasir atau suaranya “pyuk kyupyuk”,.
Kelapa Kopyor banyak digemari masyarakat Indonesia dan disajikan sebagai menu Es kelapa kopyor, pudding kopyor dan berbagai jenis makanan lainnya. Kelapa kopyor banyak diburu orang untuk menu warung makan, kafe, dll. Bahkan, disajikan pula sebagai menu favorit dalam berbagai acara hajatan, nikahan, kumpul-kumpul dan lain sebagainya.
Itulah sebabnya, kelapa kopyor memiliki nilai ekonomis yang tinggi. Di pasaran, harga kelapa kopyor mencapai tujuh kali lipat dari kelapa biasa. Harga kelapa kopyor bisa mencapai dua puluh ribuan, bahkan lebih. Maka, disinilah sebenarnya peluang untuk membudidayakan kelapa kopyor. Saat ini, kelapa kopyor bisa dibudidayakan dengan adanya bibit kelapa kopyor yang berkualitas dan didatangkan dari Desa Sambiroto Tayu Pati Jawa Tengah. 
bibit kelapa kopyor

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Potensi ekspor dari olahan daging kelapa kopyor

Kelapa Kopyor :Produk Unggulan Kabupaten Pati

Kelapa Kopyor