Jumat, 17 April 2020

Karakteristik Kelapa Kopyor



Karakteristik Kelapa Kopyor

Kelapa kopyor cukup dikenal di masyarakat sebagai salah satu bahan campuran minuman dingin yang lezat. Kelapa kopyor bernilai ekonomis tinggi karena empat kali lipat dari harga kelapa biasa. Bila kelapa biasa dihargai 5 ribu per butir, kelapa kopyor bisa mencapai 40 ribu per butirnya. Tergantung ukuran dan situasi kondisi.

Bahan Baku Es krim 


Selain bahan minuman, kelapa kopyor juga digunakan untuk bahan pembuatan kembang gula, roti, es shanghai, es krim dan bahan asinan. Kelapa kopyor genjah mulai produktif di usia empat tahunan. Di umur tersebut, dia mulai belajar berbuah.
Bila dibandingkan dengan kelapa muda, kelapa kopyor mempunyai kadar lemak yang cukup tinggi, yaitu 12 persen. Oleh karena itu, kelapa kopyor yang sudah dibuka cepat sekali jadi tengik atau busuk. Dalam waktu kira kira 10 jam, kelapa kopyor sudah rusak atau tengik. , sedangkan kelapa muda yang kandungan lemaknya kecil (0,9%) lebih tahan terhadap ketengikan.
Dalam keadaan tertutup masih utuh dalam tempurung kelapa kopyor hanya dapat tahan kurang daritujuh hari. Kelapa kopyor dapat dibedakan dengan kelapa biasa dengan cara sederhana, yaitu dengan menguncang guncangkannya. Kalau terasa ada benda padat (kopyor)di dalam air kelapa itu menandakan bahwa kelapa tersebut adalah kelapa kopyor.  



Selain bahan minuman, kelapa kopyor juga digunakan untuk bahan pembuatan kembang gula, roti, es shanghai, es krim dan bahan asinan. Kelapa kopyor genjah mulai produktif di usia empat tahunan. Di umur tersebut, dia mulai belajar berbuah.


bibit kelapa kopyor

Daerah penghasil kelapa kopyor adalah Pati Jawa Tengah, Lumajang Jawa Timur, Lombok, Sumatera Utara, dan sebagian Lampung. Kelapa genjah kopyor Pati masih menjadi rujukan kelapa kopyor di Indonesia, mengingat di sana selama bertahun tahun menghasilkan ribuan kelapa kopyor yang dikirim ke berbagai daerah seperti Jakarta, Surabaya, Semarang, Solo, Tangerang, Bandung, dan lain sebagainya.
Investasi Menguntungkan Menanam Bibit Kelapa Kopyor
Menanam bibit kelapa kopyor adalah investasi jangka panjang yang bisa anda pertimbangkan. Menanam bibit kelapa kopyor adalah langkah yang tepat untuk menjadi kaya secara elegan. Kelapa kopyor bernilai ekonomis karena memiliki nilai jual lebih tinggi dibanding kelapa biasa. Enaknya, pohon kelapa kopyor bisa berbuah sepanjang tahun setelah dia mulai produktif. Setiap 35 hari sekali kita bisa memanen buah kelapa kopyor
bibit kelapa kopyor


8 komentar:

  1. Balasan
    1. ada yang bisa dibantu gan? kami sedia bibit kelapa kopyor

      Hapus
  2. Balasan
    1. siap. monggo diorder gan. siap kirim kirim kok

      Hapus
  3. Balasan
    1. Vista agromedia dusun rajek lor tirtoadi mlati sleman jogja.disini sentra berbagai bibit tanaman, bibit kelapa kopyor, bibit jahe merah, bibit kelapa genjah entok, dll

      Hapus
  4. Harga per batang berapa gan? Bisa kirim ke Pekalongan gak? Makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. harga bibit sesuai jumlah order gan. harga ecer 35000 per batang prangko jogja. beli banyak bisa kurang. kirim ke pekalongan bisa

      Hapus

Keuntungan Menanam Pohon Kelapa

  Menanam pohon kelapa memberikan berbagai keuntungan ekonomi, ekologis, dan sosial. Berikut adalah beberapa manfaat atau keuntungan yang ...