Pemilihan Bibit Kelapa untuk Dibudidayakan


 Pemilihan Bibit Kelapa untuk Dibudidayakan

Memilih bibit kelapa adalah salah satu hal yang utama dalam budidaya kelapa supaya sukses.  Kelapa merupakan tanaman tahunan yang baru bisa menghasilkan setelah berumur kurang lebih 4 tahun. Itulah sebabnya, harus dibuat rencana yang matang terkait sumber bahan tanam agar nantinya tidak membawa kerugian baik materiil ataupun juga masalah waktu. Kesalahan dalam pemilihan bibit membuat tanaman tidak dapat berproduksi secara optimal walaupun sudah diperlakukan dengan standar operasional teknis budidaya yang tepat.

Begitu pula jika pemilihan bibit yang baik, ketika tidak dikombinasikan dengan teknis budidaya yang tepat, maka hasilnya juga tidak akan optimal. Pemilihan bibit harus dikombinasikan dengan teknis budidaya yang tepat agar tanaman kelapa yang dibudiayakan mampu memberikan hasil optimal. Pemilihan bibit meliputi sumber bibit dan juga kriteria buah yang dijadikan bibit.

 a. Sumber bibit yang unggul

Buah kelapa diketahui dari satu jenis kelapa (dalam/hibrida), diketahui pohon induk dan asal kebunnya secara jelas, kebun bersertifikat. Kelapa dalam atau kelapa hibrida termasuk jenis kelapa yang memiliki berbagai kelebihan. Kelapa dalam memiliki ukuran buah yang lebih besar dan memiliki kandungan kopra yang tinggi. Kelapa hibrida memiliki jumlah buah yang banyak dan pohon yang pendek sehingga memudahkan dalam pemanenan. Kebun yang jelas akan memberikan gambaran indukan kelapa termasuk indukan yang bagus atau tidak, kebuk yang jelas juga akan memberikan gambaran potensial tentang produk kelapa yang nantinya dihasilkan. Adanya sertifikat pada kebun memeberikan jaminan tentang mutu buah yang akan dijadikan bibit pada kebun yang bersangkutan.

b. Kriteria buah yang dijadikan bibit
Hampir semua buah kelapa dapat dijadikan bibit kelapa. Akan tetapi, hanya buah-buah yang memenuhi kriteria tertentu yang dapat menghasilkan kelapa dengan kualitas dan kuantitas yang baik. Benih yang akan digunakan berasal dari pohon induk yang berusia 20- 40 tahun dengan produksi buah kelapa yang tinggi yaitu 80- 120butir/ pohon/ tahun dan berkadar kopra tinggi (25kg/ pohon/ tahun).
Buah kelapa yang digunakan untuk benih harus berusia sekitar 12 bulan, 4/5 bagian warna kulitnya berwarna kecoklatan. Buah berbentuk bulat agak lonjong dan tidak terdapat luka pada sabutnya. Buah yang digunakan harus bebas dari hama penyakit dan berukuran lebar 17- 22cm dan panjang 22- 25cm. Buah kelapa berkulit mulus, air di dalam buah cukup yang ditandai bila dikocok terdengar suara nyaring.
Anda berminat budidaya kelapa? Kami sediat bibit kelapa mulai dari bibit kelapa hijau, genjah, merah coklat, hibrida dan bibit kelapa sawit. Silahkan hubungi kami di 08562978531.

bibit kelapa kopyor

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Potensi ekspor dari olahan daging kelapa kopyor

Kelapa Kopyor :Produk Unggulan Kabupaten Pati

Inilah kandungan nutrisi mengagumkan dari sebutir kelapa kopyor