Kegunaan buah kelapa

Kegunaan buah kelapa


Seperti diketahui, buah kelapa terdiri dari beberapa bagian, yaitu kulit luar, sabut, tempurung, kulit daging, daging buah, air dan lembaga. Dari bagian tersebut yang paling banyak digunakan tentu saja daging buah, tempurung, sabut dan air kelapa.
Daging buah kelapa adalah jaringan yang berasal dari inti lembaga yang disebut sebagai sel kelamin jantan dan membelah diri. Daging buah kelapa berwarna putih, lunak dan tebal 8-10 mm. daging buah kelapa merupakan sumber protein yang penting dan mudah dicerna. Kandungan zat dan gizi kelapa bergantung pada umur buah.
Kandungan zat pada daging buah kelapa sangat lengkap, sehingga dapat diolah menjadi berbagai produk kebutuhan rumah tangga seperti bumbu dapur, santan, kopra, minyak goring dan kelapa parut kering. Menurut sebuah penelitian, kelapa mengandung 9,15,5 % air, 0,1 % protein, lemak <0,1%, abu 0,4% dan 4 % karbohidrat.
Setiap 100 gr air mengandung 105 mg Na, 312 mg K, 29 mg Ca, 30 mg Mg, 0,1 mg Fe, 0,04 mg Cu, 37 mg P, 24 mg S dan 183 mg choline.

Kopra


Kopra merupakan salah satu hasil olahan daging buah kelapa yang banyak diusahakan oleh masyarakat karena prosesnya relative sederhana. Biaya produksinya relative rendah jika dibandingkan pengolahan daging buah kelapa yang menjadi produk santan kering atau produk minyak goreng.


Berminat budidaya kelapa? kami sedia bibit kelapa kopyor berkualitas asal Pati. Hubungi 08562978531. Lokasi Rajek Lor RT 2 RW 24 Desa Tirtoadi Kec Mlati Sleman. 


bibit kelapa kopyor

Komentar

Pos populer dari blog ini

Potensi ekspor dari olahan daging kelapa kopyor

Kelapa Kopyor :Produk Unggulan Kabupaten Pati

Kelapa Kopyor