Hasil olahan pangan dari kelapa

Hasil olahan pangan dari kelapa


Semua orang pasti pernah mengkonsumsi kelapa  pohon kelapa banyak tumbuh hamper diseluruh wilayah Indonesia terutama di daerah pesisir pantai.
Buah kelapa banyak dimanfaaat kan untuk diambil santan ataupun dijadikan minyak kelapa (kopra) , santan dari buah kelapa digunakan sebagai bahan campuran masakan mulai dari rending, opor, sampai kolak. Sedangkan untuk minyak kelapa (kopra) banyak dijadikan komoditi yang cukup menguntungkan.
Selain sebagai bahan pangan buahkelapa juga dipercaya sebagai obat alami.  Ternyata, jauh sebelum masyarakat Indonesia mengenal pengobatan modern seperti saat ini, masyarakat Indonesia secara turun temurun menggunakan air jenis kelapa hijau sebagai obat berbagai macam penyakit. Selain jenis kelapa hijau sebenarnya semua jenis kelapa dapat digunakan sebagai obat karena kandungan nutrisi dan zat berkhasiat yang terkandung dalam kelapa sama saja seperti kelapa kopyor, kelapa gading, kelapa hibrida, kelapa pandan wangi, kelapa genjah, kelapa cengkir dll.
Kelapa memiliki sumber energy yang penting bagi pertumbuhan. Sebagai tanaman multi guna buah kelapa dapat menghasilkan berbagai produk olahan makanan. Ada banyak sekali olahan yang dihasilkan dari satu buah kelapa mulai dari air kelapa, daging buah serta nira dari kelapa. Melalui sedikit usaha satu buah kelapa dapat menjelma menjadi produk yang memiliki nilai ekonomis tinggi :
Berikut beberapa olahan pangan yangdihasilkan dari kelapa :
1.      Air isotonik alami
Air kelapa adalah salah satu minuman kegemaran masyarakat Indonesia, terbukti disepanjang jalan masih kita jumpai pedagang es kelapa muda sebagai minuman yang menyejukkan. Bukan hanya air dari kelapa muda yang dapat dijual dengan nilai tinggi, ternyata air dari kelapa tua pun dapat bernilai ekonomi tinggi dan bermanfaat bagi tubuh. Sekarang banyak kita jumpai air kelapa dikemas menarik dan modern dijual dietalase-etalase supermarket sebagai minuman isotonic yang kita tahu harga air isotonic dari kelapa bahkan lebih tinggi dari pada harga satu buah kelapa.

2.      Nata de coco

Air kelapa juga dapat dimanfaatkan menjadi makanan lezat seperti nata de coco yang biasanya dimanfaatkan sebagai bahan pelengkap sirup, campuran es. Nata de coco memiliki kandungan serat selulosa yang tinggi.  Serat bermanfaat untuk memperlancar pencernaan, mengikat kelebihan lemak dan gula sehingga pasokan didalam tubuh seimbang.
3.      
Gula kelapa

Gula kelapa terbuat dari nira kelapa yang sudah dimasak sampai mengental dan mengeluarkan bau harum khas gula kelapa kemudian dicetak sampai mengeras. Gula kelapa dapat menjdi alternatif lain pengganti gula pasir, gula sirup dan pemanis lainnya.

4.      Gula semut
Gula semut merupakan gula olahan dari kelapa yang berbentuk serbuk kasar orang luar biasa menyebutnya palm suiker . gula semut banyak di ekspor keluar negeri sebagai olesan roti, serta campuran adonan pembuat roti maupun kue.
Anda berminat menanam kelapa? kami sedia bibit kelapa kopyor silahkan menghubungi kami melalui 08562978531

            

Komentar

Pos populer dari blog ini

Potensi ekspor dari olahan daging kelapa kopyor

Kelapa Kopyor :Produk Unggulan Kabupaten Pati

Kelapa Kopyor