Pemanenan buah kelapa kopyor dengan bantuan monyet



Pemanenan buah kelapa kopyor dengan bantuan monyet

Alangkah menyenangkan bagi para petani kelapa kopyor, apabila tanaman kelapa kopyor yang telah dirawat dengan sepenuh jiwa, tumbuh berkembang dengan baik dan tiba saatnya musim panen. Pemanenan kelapa kopyor dapat dilakukan dengan banyak cara. Ada yang memilih cara pemanenan kelapa kopyor dengan menyewa tukang panjat kelapa yang secara manual memilih kelapa kopyor diantara tandan kelapa biasa.
Ada cara pemanenan buah kelapa kopyor yang unik yang berasal dari wilayah kepulauan indonesia yakni pemanenan kelapa kopyor dengan bantuan monyet. Monyet yang digunakan umumnya adalah monyet ekor babi. Sebelum diterjunkan ke lapangan untuk memanjat dan memanen kelapa kopyor secara professional, monyet dilatih cara memanen kelapa kopyor. Mulai dari cara mengetahui letak kelapa kopyor, pemilihan dan pemisahan kelapa kopyor, hingga cara pemetikan buah kelapa kopyor yang benar .
Kelebihan pemanenan kelapa kopyor dengan bantuan monyet adalah kecepatan pemetikan yang dilakukan. Jika mempunyai pohon kelapa kopyor dan kebun yang luas pemanenan jenis ini dapat menghemat biaya. Kemampuan monyet untuk memanjat dan memetik buah kelapa kopyor dalam sehari mencapai 400 butir buah dengan masa istirahat 1 jam saja. Sistem yang diterapkan oleh pemilik monyet panjat juga relative lebih hemat, dalam artian tidak dibayar dengan uang akan tetapi pembayaran dilakukan dengan sistem pembagian, setiap pemetikan 100 batang pemilik monyet mempunyai hak 10 butir kelapa kopyor.
Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat bagi para pembaca. Kami menyediakan bibit kelapa kopyor dengan berbagai varietas dari mulai bibit kelapa kopyor jenis dalam sampai bibit kelapa kopyor genjah. Untuk pilihan warna bibit kelapa kopyor terdiri dari bibit kelapa kopyor hijau, bibit kelapakopyor kuning gading dan bibit kelapa kopyor coklat. Bagi anda yang tertarik mencoba budidaya kelapa kopyor dapat menghubungi kami di layanan konsumen :
HP/WA           : 087838393451
PIN BB           : 583B2353

monyet memanjat kelapa
                               seekor monyet sedang mengambil kelapa

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Potensi ekspor dari olahan daging kelapa kopyor

Kelapa Kopyor :Produk Unggulan Kabupaten Pati

Kelapa Kopyor