Keuntungan bertanam kelapa kopyor


Keuntungan bertanam kelapa kopyor

Budidaya kelapa kopyor kian diminati masyarakat. Bukan saja di lingkungan Pati Jawa Tengah, tetapi sudah menasional, bahkan mengglobal. Bahkan, kami beberapa bulan yang lalu kedatangan tamu dari Malaysia yang datang langsung ke tempat kami di Pati untuk berburu informasi mengenai kelapa genjah kopyor.
Budidaya kelapa genjah kopyor booming sejak tahun 2010 an tatkala Menteri Pertanian waktu itu melepas tiga varietas kelapa unggul asi kabupaten Pati Jawa Tengah. Yakni genjah kopyor hijau, genjah kopyor coklat dan genjah kopyor kuning. Mulai dari saat itulah media massa meliput begitu luar biasa sehingga Kabupaten Pati begitu terkenal sebagai sentra penghasil bibitkelapa kopyor generatif (indukan langsung) sekaligus penghasil buah kopyor unggul.
bibit kelapa kopyor


Keuntungan Budidaya Bibit Kelapa kopyor

Budidaya kelapa kopyor merupakan investasi jangka menengah yang bisa dinikmati dalam jangka waktu 4 tahunan. Pertanyaan yang muncul kemudian, apa saja keuntungan bertanam kelapa kopyor? Apa bedanya dengan kelapa lainnya? Untuk menjawab pertanyaan tersebut kita lihat fakta yang sudah ada di lapangan sebagai pertimbangan awal sebelum menanam kelapa kopyor.

Menghasilkan Buah Kopyor

Budidaya kelapa kopyor tentu saja memperoleh buah kopyor di saat panennya. Pertanyaanya berapa prosentase kopyornya? Berdasarkan penelitian Balitpalma Manado di Pati selama kurun waktu tiga tahun 2007-2010 menyimpulkan bahwa kelapa genjah kopyor generatif atau konvensional Pati menghasilkan  buah kopyor dengan prosentase 30 % sampai 70 %. Artinya, bila satu tandan ada 15 biji, maka yang jadi kopyor antara 5-9 biji. Yang lain menjadi kelapa biasa/ kelapa genjah.

Bernilai Jual Tinggi

Kelapa kopyor memiliki nilai jual tinggi dibanding kelapa lainnya. Kelapa kopyor bisa dijual hingga tiga puluh hingga lima puluh ribuan (sesuai ukuran). Bandingkan dengan kelapa biasa yang rata rata laku lima ribu hingga sepuluh ribu per biji. Selisihnya bisa berkali kali lipat bukan? harga kelapa kopyor yang begitu tinggi tentu saja bisa dimaklumi mengingat kelapa kopyor merupakan bahan utama pembuatan es krim, menu spesial restoran, hotel atau resort yang terkenal mahal.
Masih banyak keuntungan bertanam kelapa kopyor lainnya, yakni mudah dibudidayakan, bersifat genjah sehingga cepat berbuah dan produktivitasnya tinggi hingga mencapai 140 an per pohon per tahun di usia dewasanya, mampu menjaga ketersediaan air, serta mampu menahan dari erosi banjir dan angin ribut. Tertarik menanam pohon kelapa kopyor? Kami sedia bibit kelapa genjah kopyor asi Pati dengan harga terjangkau. Hubungi kami di WA/Tlp 087838393451. Salam sukses untuk anda yang telah dan akan menanam kelapa kopyor.

       

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Inilah kandungan nutrisi mengagumkan dari sebutir kelapa kopyor

Mudahnya Memesan BiBit Kelapa Kopyor

Kelapa Kopyor :Produk Unggulan Kabupaten Pati