Jumat, 26 Januari 2018

Alasan Rasional Menanam Kelapa Kopyor

Alasan Menanam Kelapa Kopyor

jual bibit kelapa kopyor

Budidaya kelapa kopyor perlahan tapi pasti mulai booming dan kini mulai dilirik dan dikembangkan masyarakat luas. Berbagai media massa baik cetak maupun elektronik meliput tentang keistimewaan pohon kelapa kopyor. Pertanyaanya, apa alasan utama mengapa masyarakat mulai tertarik membudidayakan kelapa kopyor?

Nilai Ekonomis yang tinggi


Seperti diketahui bersama, harga kelapa kopyor di pasaran mencapai 20 ribu sampai 30 ribu per biji. Bahkan, di daerah tertentu (daerah Jakarta dan sekitarnya) kadangkala mencapai lima puluh ribuan per batang. Dan yang pasti, tentu saja harganya lebih mahal daripada kelapa biasa. Harga kelapa biasa biasanya hanya berkisar lima ribu sampai sepuluh ribu rupiah.
Usut punya usut rupanya kelapa kopyor memang menjadi menu utama yang mahal di beberapa restoran mewah. Di samping itu, kelapa kopyor juga menjadi bahan baku utama dalam pembuatan es krim yang laris di pasaran.

Minim Pesaing

Belum banyak yang membudidayakannya alias minim pesaing. Budidaya kelapa kopyor selama ini tersentra di daerah Pati, Jogja, Bogor, Jepara, Bogor dan Magelang. Untuk daerah lainnya masih jarang. Bahkan, di Pati sendiri terpusat di kawasan Tayu dan sekitarnya. itu artinya masih ada peluang yang cukup prospek untuk kedepannya.

Tergolong Genjah dan Cepat Berbuah

bibit kelapa kopyor

Kelapa kopyor termasuk jenis tanaman genjah (pendek) sehingga cepat berbuah. Menurut penelitian Balikpalma Manado di Pati tahun 2007, kelapa genjah kopyor Pati dengan warna hijau, coklat dan kuning (gading) cepat berbuah di usia empat tahunan. Maka tidak heran bila di tahun 2010, Menteri Pertanian waktu itu memberikan sertifikat (pengakuan)  bahwa Kabupaten Pati sebagai sentra penghasil kelapa kopyor dan pemilik sah varietas kelapa unggul nusantara.
   

Mudah dibudidayakan.
 

Budidaya kelapa kopyor bisa dibudidayakan di tempat manapun, selama curah hujannya cukup dan kadar kelembaban udaranya terjaga. Memang daerah dataran rendah lebih disukai dan mudah untuk budidaya kelapa, termasuk kelapa kopyor ini. Namun, daerah datarang tinggi juga banyak yang berhasil membudidayakan kelapa kopyor.

Walapun demikin, anda sebagai petani pemula yang ingin membudidayakan kelapa kopyor perlu memperhatikan kriteri tertentu. Utamanya selain mempersiapkan ilmu budidaya, juga memilih bibit kelapa kopyor yang baik dan berkualitas, juga diperlukan sedikit kesabaran dan ketelatenan. Mengingat budidaya kelapa kopyor dapat dipanen setelah umur empat sampai lima tahun. Namun, tidak ada salahnya anda mencobanya, sebagai salah satu investasi jangka menengah yang cukup menjanjikan.

Terimakasih anda telah membaca artikel tiga alasan budidaya kelapa kopyor. 


1 komentar:

  1. sangat bermanfaat gan, mampir juga di artikel saya
    <a href='http://jualkepitingjogja.blogspot.com' title='kepiting jogja >blog kerang dara ijo batik</a>

    BalasHapus

Cara Mudah Menjadi Kaya Dengan Budidaya Kelapa Kopyor

Cepat Kaya dengan Budidaya Kelapa Kopyor Kelapa Kopyor bisa disebut dengan “ emas hijau ” lantaran harga kelapa kopyor bisa lebih ...