Kamis, 16 Agustus 2018

Peremajaan Kebun Kelapa Kopyor


Peremajaan pohon kelapa kopyor

Budidaya kelapa kopyor yang sudah lama berproduksi perlu dilakukan peremajaan. Sama dengan jenis budidaya pohon pada umumnya, pohon kelapa kopyor harus di remajakan untuk menjaga kualitas buah yang dihasilkan. Apabila pohon kelapa kopyor terlalu tua, produktifitasnya akan menurun. Di samping itu, glugu yang di hasilkan dari pohon kelapa tua lebih kokoh. Sehingga sebaiknya pohon kelapa kopyor yang sudah tua segera di remajakan.

Peremajaan pohon dapat di tanami dengan bibit kelapa kopyor baru. Peremajaan di lakukan apabila pohon kelapa kopyor tidak maksimal karena umur dari pohon kelapa kopyor yang lebih dari 60 tahun. Sehingga menghambat pertumbuhan dan produktifitasnya. Kedua , apabila pohon kelapa kopyor  tidak produktif lagi walaupun umur pohon belum mencapai 60 tahun. Kriteria kurang produktif ini di tandai dengan jumlah buah yang di hasilkan kurang dari 60 buah/pohon/tahun.
Budidaya kelapa kopyor juga dapat di remajakan dengan alasan karena serangan hama atau bencana alam yang parah, sehingga mengakibatkan pohon kelapa tumbang atau karena pohon kelapa kopyor yang di tanam sudah tidak bisa di selamatkan lagi. Peremajaan kelapa kopyor secara umum dapat di lakukan dengan tiga metode . di antaranya bisa dengan cara peremajaan sistem sisipan, sistem tebang total maupun sistem tebang bertahap.
bibit kelapa kopyor

Peremajaan sistem sisipan

Sistem ini biasanya di lakukan para petani kelapa kopyor adalah dengan menanam bibit kelapa kopyor baru yang di sisipkan diantara pohon kelapa kopyor yang sudah tua. Namun sistem ini akan mengurangi luasan lahan yang di gunakan untuk menanam kelapa kopyor. Apa lagi kalau bibit baru yang di tanam sudah berumur sekitar 3-4 tahun. Selain itu antara pohon yang sudah tua dan pohon baru akan berebut unsur hara maupun intensitas sinar matahari.
Sedangkan ke untungan dari peremajaan sistem sisipan ini petani masih dapat menikmati hasil berlipat dari pohon kelapa kopyor yang sudah tua maupun pohon kelapa kopyor baru. Sistem sisipan ini biasanya di lakukan dalam satu hamparan yang sama, bisa tergantung dari bibit kelapa kopyor yang tersedia.

Peremajaan sistem tebang total

Sistem ini biasanya di terapkan oleh para pelaku budidaya kelapa kopyor apabila pohon kelapa kopyor yang mereka tanam sudah tidak bisa di selamatkan lagi. Di karenakan intensitas serangan hama yang massif. Produktifitas dari pohon yang menurun jauh karena faktor usia. Sistem ini di lakukan dengan cara menebang habis pohon kelapa kopyor dalam kebun yang akan di remajakan.
Sistem ini secara agronomi menguntungkan bagi petani karena pohon kelapa baru pertumbuhannya akan optimal, tidak berebut dengan kelapa tua. Pohon Kelapa baru juga tidak terganggu dengan kegiatan penebangan pohon kelapa yang sudah berumur tua. Sehingga penyerapan nutrisi dan unsur – unsur yang di butuhkan oleh pohon kelapa kopyor baru dapat terserap secara maksimal.
Namun kelemahan dari sistem ini adalah pendapatan petani dari buah kelapa yang di hasilkan akan hilang. Sistem tebang total sangat cocok bagi petani yang ingin mengatur ulang jarak tanam maupun sistem tanam baru untuk peremajaan.

Sistem tebang bertahap

Sistem ini dapat di lakukan dengan menebang secara bertahap pohon-pohon kelapa kopyor yang sudah tua. Penebangan dapat di lakukan dengan menebang 20% dari populasi pohon kelapa kopyor yang sudah tua. Penanaman bibit kelapa kopyor pengganti dilakukan pada kebun yang sama sekaligus. Sebaiknya bibit kelapa kopyor pengganti ditanam dengan jarak 16x6m atau 12x6m.
Keuntungan sistem tebang bertahap ini pendapatan petani dari buah yang di hasilkan tidak terputus. Pada tahun ke empat sampai lima saat pohon kelapa kopyor pengganti sudah berbuah, proses penebangan pohon kelapa tua sudah mencapai 100%. Namun kekurangan dari sistem ini akan mempengaruhi pertumbuhan pohon kelapa baru apabila proses penebangan pohon kelapa tua tidak di lakukan dengan hati-hati.  


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cara Mudah Menjadi Kaya Dengan Budidaya Kelapa Kopyor

Cepat Kaya dengan Budidaya Kelapa Kopyor Kelapa Kopyor bisa disebut dengan “ emas hijau ” lantaran harga kelapa kopyor bisa lebih ...