Prasyarat Budidaya Kelapa secara umum

Prasyarat Budidaya Kelapa secara umum

Setiap tanaman tentu saja membutuhkan kondisi lingkungan yang sesuai dengan peruntukannya. Kelapa apa saja termasuk kelapa kopyor jenis genjah, merah coklat dan hijau dipengaruhi oleh suhu, sinar matahari, temperature, curah hujan, kelembaban, keadaan tanah dan kecepatan angin.
Secara geografis, kelapa cocok tumbuh di kawasan Asia tenggara termasuk Indonesia dengan curah hujan antara 1300-2300 mm/tahun. Bahkan, hingga 3800 mm sepanjang tanah memiliki drainase pengairan yang baik.
Kelapa cocok dengan sinar matahari 120 jam/ bulan atau 2000 jam/ tahun sebagai salah satu sumber fotosintesis. Di bulan kemarau dengan kondisi penyinaran yang tinggi, biasanya menghasilkan bijih kelapa yang banyak.
Untuk temperature kelapa sangat cocok pada suhu rendah 20- 27C . sehingga daerah tropis cocok untuk budidaya kelapa selama kondisi ketersediaan air mencukupi.
Kelapa cocok di ketinggian 600 meter di atas permukaan laut. Ketinggian yang lebih optimal antara 0-450 dpl. Hanya saja, kelapa juga bisa tumbuh di daerah pegunungan, hanya saja hasilnya kurang. Di ketinggian 450-1000 dpl, waktu berbuah lebih lambat, produksi sedikit dan kadar minyaknya rendah. Di pinggir pantai, kelapa cocok sekali dan tumbuh dengan baik.
Kelapa cocok dengan PH (derajat keasaman) tanah 6,5-7,5. Tanah alluvial, laterit, vulkanisir, berpasir atau berbatu tetap bisa berpeluang tumbuh untuk budidaya kelapa.
budidaya kelapa





Komentar

Postingan populer dari blog ini

Potensi ekspor dari olahan daging kelapa kopyor

Kelapa Kopyor :Produk Unggulan Kabupaten Pati

Kelapa Kopyor