Mengenal Kelapa Kopyor


 Mengenal Kelapa Kopyor

Kelapa kopyor menjadi primadona masyarakat desa dan perkotaan. Namun, banyak yang masih kurang faham apa yang dimaksud kelapa kopyor. Kelapa kopyor adalah kelapa abnormal (tidak biasa) atau berbeda dengan kelapa lainnya. Ia memiliki rasa yang kenyal, gurih dan lezat. Disebut kopyor karena dagingnya lepas dari cangkangnya. Sehingga memiliki suara kupyuk kupyuk bila kelapanya digoyang goyang.  

Manfaat Kelapa Kopyor

Kelapa kopyor memiliki nilai ekonomis yang tinggi. Bahkan, nilainya bisa lima kali lipat dari kelapa biasa. Jika kelapa biasa dijual Cuma 8 sampai 10 ribu per butir, kelapa kopyor bisa sampai tiga puluh lima ribu hingga 50 ribu rupiah per butir. Tentu sesuai ukuran buah dan bentuknya tentunya. Kelapa kopyor selain dimanfaatkan untuk bahan baku industri makanan seperti  pabrik es krim, pabrik roti, kembang gula, juga menjadi menu khusus berupa es kopyor dan degan kopyor.   
es kelapa kopyor


Cara Budidaya kelapa kopyor

 Untuk menanam kelapa kopyor pada prinsipnya cukup sederhana. Sebagaimana menanam pohon kelapa lainnya. Yaitu siapkan media tanam yang subur, bibit kelapa kopyor yang berkualitas, ketersediaan air yang cukup, jarak tanam yang ideal, sinar matahari yang cukup, pemupukan yang cukup serta bebas dari serangan hama alias bebas penyakit.

budidaya kelapa kopyor

Metode perbanyakan kelapa kopyor

Selama ini ada tiga macam jenis kelapa kopyor ditinjau dari metode perbanyakannya. Pertama kultur jaringan. Kedua kultur embrio. Kedua metode ini dilakukan oleh IPB Bogor. Sebuah sumber mengatakan hasil metode tersebut menghasilkan prosentase kopyor hingga 90 sampai seratus persen. Hanya saja harganya sangat mahal. Mencapai jutaan per batangnya. Dan kami sendiri belum pernah menemui dimana daerah yang sudah menanam dan panen dari dua metode tersebut.

Ketiga adalah generatif (indukan). Cara ini disebut konvensional. Dalam arti yang sudah berlaku umum di masyarakat, terutama kawasan pesisir Pati Jawa Tengah. Kelapa genjah kopyor Pati Jawa Tengah memang diakui secara nasional sejak tahun 2010 setelah diteliti selama tiga tahun oleh Balitpalma Manado di tahun 2007-2010. Dan di tahun 2010 Kabupaten Pati mendapatkan sertifikat dan diakui oleh Menteri Pertanian waktu itu dan dilepas(diakui) tiga varietas khas Pati, yakni kelapa genjah hijau kopyor, kelapa genjah coklat dan kelapa genjah kuning.
bibit kelapa kopyor


Permintaan Bibit Kelapa Kopyor Terus Meningkat

Perlahan tapi pasti, sejak saat itu, permintaan akan bibit kelapa kopyor Pati terus meningkat dan dikembangkan oleh khalayak masyarakat. Keuntungan dari kelapa genjah kopyor Pati adalah harganya murah, sudah terbukti selama puluhan tahun serta prosentase kopyor hingga mencapai 70 persen. Disamping itu, menanam kelapa adalah investasi jangka menengah dan panjang yang bisa dinikmati hingga anak cucu. Selama mencoba menanam bibit kelapa genjah kopyor.  


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Inilah kandungan nutrisi mengagumkan dari sebutir kelapa kopyor

Mudahnya Memesan BiBit Kelapa Kopyor

Mengenal Jenis Jenis Kelapa