Selasa, 24 April 2018

Tips sukses bertanam bibit kelapa kopyor



Tips sukses bertanam bibit kelapa kopyor


                Banyak pertanyaan yang masuk ke kami ihwal bagaimana tips sukses bertanam kelapa kopyor. Pertanyaan tersebut muncul bukan tanpa sebab. Banyak yang masih merasa awam dan belum faham bagaimana teknis budidaya kelapa kopyor secara efektif efisien. Untuk itu, artikel ini akan mengulas tips sukses bertanam bibit pohon kelapa kopyor.

Media tanam yang subur


Media tanam yang subur, gembur menjadi salah satu kunci sukses bertanam bibit kelapa kopyor. Untuk itu, sebaiknya bikin lubang tanam dahulu sebelum ditanami bibit kelapa kopyor. Lalu berikan kotoran kandang, dolomit dan siram dengan EM4. Setelah satu minggu baru bibit kelapa kopyor ditanam di media yang sudah dibuat tadi.

bibit kelapa kopyorBibit yang berkualitas

Bibit yang berkualitas maksudnya adalah bibit yang bebas dari serangan hama, berukuran fisik sehat dan daun pupus nya hidup tidak berlubang. Bibit yang berkualitas bebas terhindar dari jamur yang biasanya menempel di mata tunas. Bibit yang berkualitas memiliki batok kelapa yang utuh dan tidak berlubang serta berasal dari pembibitan yang bisa dipercaya.

Sinar Matahari yang cukup

Hampir semua tanaman membutuhkan adanya sinar matahari, termasuk dalam hal ini tanaman kelapa kopyor. Dengan sinar matahari yang cukup, diharapkan pertumbuhan bibit kelapa kopyor maksimal. Oleh karenanya, usahakan agar jarak tanam tidak terlalu dekat, yakni setidaknya 6 x6 untuk kelapa genjah, dan 7x7 untuk kelapa dalam.

Dekat dengan air

                Bibit tanaman kelapa tumbuh dengan baik di daerah yang kaya akan sumber air. Atau setidaknya ketersediaan air cukup di daerah tersebut. Itulah sebabnya, kawasan pesisir biasanya lebih cocok untuk ditanami kelapa kopyor. Suhu hangat kawasan pantai ditambah air tanah yang mudah didapatkan membuat tanaman kelapa kopyor tumbuh baik.

Bebas dari serangan hama

Musuh utama tanaman kelapa kopyor adalah kuwawung atau kumbang badak. Hewan ini biasanya menyerang pupus tanaman kelapa. Untuk itu, secara berkala sebaiknya dicheck dan dilakukan penyemprotan insektisida atau herbisida. Jangan sampai anda terlambat menanganinya. Karena bila sudah terlambat terutama bila pupus nya diserang, susah untuk tumbuh lagi.
Demikian sedikit ulasan tentang tips sukses bertanam kelapa kopyor. Terimakasih anda sudah membaca ulasan kami. Semoga bermanfaat. Salam sukses untuk anda yang sedang dan akan bertanam bibitkelapa kopyor.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

ES KELAPA KOPYOR; MENU FAVORIT BULAN PUASA

  Es Kelapa kopyor sebagai menu istimewa di Bulan Ramadhan                 Es kelapa kopyor merupakan salah satu menu istimewa di Bu...