Cara budidaya kelapa kopyor genjah

Cara budidaya kelapa kopyor genjah


Tanaman kelapa hanya dapat ditanam  dari benih tanaman kelapa. Baik itu jenis tanaman kelapa kopyor maupun jenis tanaman kelapa lainnya.  Dari bibit kelapa kopyor yang baik tentu akan menghasilkan buah kelapa kopyor yang baik pula. Dari beberapa jenis bibitkelapa kopyor yang banyak diburu adalah jenis bibit kelapa kopyor genjah, karena jenis bibit kelapa kopyor genjah memiliki keunggulan tersendiri karena kelapa kopyor genjah tidak terlalu tinggi (pendek) namun cepat berbuah. 

Adapun beberapa jenis bibit kelapa kopyor genjah adalah  bibit kelapa kopyor genjah gading (kuning), bibit kelapa kopyor genjah hijau, bibit kelapa kopyor genjah merah kecoklatan.
Bagi anda yang berminat untuk membudidayakan kelapa kopyor genjah, selain memilih bibit kelapa kopyor yang baik. ada baiknya jika memperhatikan  cara budidaya  kelapa kopyor genjah yang baik pula.  Adapun hal-hal yang perlu dipersiapkan sebelum memutuskan budidaya kelapa kopyor genjah adalah :
1.      Pemilihan bibit unggul
Bibit kelapa kopyor genjah dengan sistem kultur embrio dipilih dari indukan yang juga menghasilkan kelapa kopyor. Indukan tanaman kelapa kopyor yang telah berbuah memiliki jenjang tangkai yang menghasilkan beberapa buah kelapa kopyor dan beberapa buah kelapa biasa. Dari buah kelapa biasa yang berada satu jenjang tangkai dengan buah kelapa kopyor itulah yang akan mewarisi gen-gen kopyor dari indukannya dan selanjutnya sia dijadikan bibit kelapa kopyor.
2.      Pemindahan bibit ke kebun
Pemindahan bibit kelapa kopyor yang terlalu muda (kurang dari 8bulan) akan memiliki resiko kematian bibit. Sedangkan pemindahan bibit kelapa kopyor yang terlalu tua (lebih dari 1 tahun) akan berisiko stagnasi ( berhenti tumbuh sementara) sehingga menghambat pertumbuhan. Maka dari itu bibit kelapa kopyor yang ideal untuk ditanam adalah  yang berumur delapan bulan keatas sampai dibawah satu tahun.
3.      Persiapan lobang tanam
Persiapan membuat lubang tanam sebaiknya dilakukan  selama 1-2 bulan sebelum musim hujan tiba  (agustus-sepetember) sehingga pada saat musim awal hujan tiba  bibit kelapa kopyor sudah siap ditanam  dengan intensitas curah hujan tinggi membuat bibit kelapa kopyor akan tumbuh subur dan berkembang baik.
4.      Pemberian pupuk
Perlu diingat sebelum budidaya kelapa kopyor pada lobang tanam yang sudah dipersiapkan sebelumnya. Perlu diperhatikan pemberian pupuk yang dapat menunjang pertumbuhan tanaman kelapa kopyor dengan melimpahnya nutrisi dan zat-zat tumbuh yang diperlukan saat membudidayakan kelapa kopyor . cara budidaya kelapa kopyor setelah lubang tanam digali dengan kedalaman yang cukup untuk meletakkan bibit kelapa kopyor, kemudian sehari sebelum menanam bibit kelapa kopyor  diberi pupuk urea, SP 36, KCL masing-masing sebanyak 100g. Kemudian letakkan bibit kelapa kelapa kopyor  tegak lurus dan ditutup dengan tanah, kemudian tanah tersebut diinjak-injak untuk memadatkan tanah.  Perlu diingat agar menyirami tanaman dengan air yang cukup jangan berlebihan juga tidak boleh kurang air.
Demikianlah beberapa cara budidaya kelapa kopyor genjah yang dapat kami sampaikan semoga bermanfaat dan dapat dijadikan sebagai inspirasi bagi anda yang berniat memulai budidaya kelapa kopyor.
Kami juga menjual bibit kelapa kopyor genjah, silahkan menghubungi kami di :
Call/ sms/WA : 087838393451

PIN BB           :  583B2353
bibit kelapa genjah


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Inilah kandungan nutrisi mengagumkan dari sebutir kelapa kopyor

Kelapa Kopyor :Produk Unggulan Kabupaten Pati

Potensi ekspor dari olahan daging kelapa kopyor