Cara Menyimpan buah kelapa untuk dijadikan bibit

Cara Menyimpan buah kelapa untuk dijadikan bibit

Bibit kelapa pada umumnya diperoleh dari buah yang berasal dari pohon indukan. Baik jenis bibit kelapa kopyor, bibit kelapa hibrida, maupun bibit kelapa biasa.  Pada prinsipnya buah kelapa yang akan dijadikan bibit, sebaiknya harus melalui proses penyimpanan terlebih dahulu sebelum proses penyemaian. Hal ini bertujuan supaya buah diberi kesempatan mengalami proses pemasakan terlebih dahulu.

Bila buah yang disemai di datangkan dari tempat lain, sebaiknya diketahui terlebih dahulu tanggal pemetikannya . bila belum mengalami proses penyimpanan kurang lebih selama satu bulan, sebaiknya disimpan terlebih dahulu.  Sedangkan bila telah mengalami proses penyimpanan maka sebaiknya segera untuk disemaikan.

Berikut adalah beberapa cara  menyemai buah kelapa untuk dijadikan bibit kelapa kopyor :
1.      Buah disimpan dalam temperatur suhu ruangan ( sirkulasi udara baik dan kering) jangan ditempat lembab, panas dan pengap.
2.      Hindarkan buah dari terkena hujan dan panas langsung
3.      Jika menginginkan untuk budidaya kelapa kopyor, maka pastikan buah kelapa yang akan disimpan adalah buah kelapa dari satu tandan dengan buah kelapa kopyor
4.      Bila jumlah buah kelapa banyak, maka penempatannya bisa ditumpuk tapi diusahakan jangan lebih dari satu meter agar sirkulasi udara tetap baik dan teratur.


Bibit kelapa kopyor yang sudah layak simpan biasanya bisa di wadahi dengan karung dan siap diletakkan di tempat penyimpanan. Demikianlah informasi yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat dan dapat dijadikan bahan referensi.  Bagi anda yang berminat budidaya kelapa kopyor silahkan dapat menghubungi kami di : HP 083878208399/087838393451 PIn BB 583B2353.

Komentar

Posting Komentar

Pos populer dari blog ini

Potensi ekspor dari olahan daging kelapa kopyor

Kelapa Kopyor :Produk Unggulan Kabupaten Pati

Kelapa Kopyor