Jumat, 01 Mei 2020

Lokasi Terbaik Membuka Kebun Kelapa



Dalam usaha pertanian dan budidaya, pemilihan lokasi memiliki pengaruh yang besar. Lokasi adalah tempat permanen bagi tumbuhnya tanaman. Lokasi menentukan jenis tanah, iklim, dan kondisi alam. Jadi, selain penggunaan bibit kelapa kopyor yang berkualitas, lokasi yang pas dan subur adalah salah satu faktor keberhasilan budidaya kelapa kopyor.  

Setiap lokasi memiliki ciri, karakteristik, dan jenis yang berbeda. Ada lokasi yang punya tanah yang keras, berbatu, ada pula yang gembur. Ada pula lokasi yang memiliki ketersediaan air cukup. Ada pun yang tidak. Jadi, sebagai petani, kita harus jeli melihat potensi yang dimiliki oleh lokasi tempat menanam. 

Lokasi Terbaik untuk Menanam Kelapa

Menurut banyak literatur yang kami dapatkan, keberhasilan budidaya kelapa kopyor banyak dipengaruhi oleh faktor iklim dan tanah. Faktor iklim mempengaruhi banyak menyangkut pertumbuhan kelapa kopyor. Dan tanah adalah bagian penting penentu keberhasilan budidaya.

Anda bisa sedikit senang karena kelapa termasuk tanaman yang tak membutuhkan perawatan yang terlalu rumit. Sebab, pada dasarnya, tanaman yang berasal dari daerah tropis ini memang gampang tumbuh dan berbuah. Di Indonesia, sudah banyak pembudidaya kelapa yang berhasil. Faktor iklim dan tanah di Nusantara sangat mendukung pertumbuhan kelapa.

Secara geografis, kelapa tumbuh dan berkembang dengan baik pada wilayah dengan batas geografis 18° Lintang Utara (LU) dan 18° Lintang Selatan (LS). Namun, daerah yang paling cocok untuk budidaya kelapa kopyor adalah pada wilayah antara 15° LU dan 15° LS. 

Menyiapkan Lahan Budidaya Kelapa

Lokasi untuk melakukan budidaya kelapa dapay berupa tanah pekarangan, tanah konversi, tanah asal hutan serta tanah bekas alang-alang. Namun, pada prinsipnya semua jenis lokasi itu memili dua jenis lahan, yaitu lahan baru dan lahan bukaan kembali.

Untuk melakukan pembuatan kebun kelapa, hal-hal yang harus diperhatikan adalah sebagai berikut:

1.       Sebagai petani, Anda harus dapat memperhatikan ketersediaan humus di lokasi tersebut. Persediaan humus sebisa mungkin harus diusahakan agar tak berkurang, apalagi menjadi hilang atau lenyap sama sekali. Humus sangatlah penting bagi tanaman. Hal ini karena humus menutrisi tanaman untuk tumbuh dan berbuah atau berproduksi normal.

Humus yang tersedia dengan baik akan membuat kebun Anda subur. Alhasil, tanaman kelapa Anda bisa tumbuh dan berproduksi optimal. Tentu saja hal ini akan membuat keuntungan Anda semakin besar sebab hasil panen akan makin banyak.

2.       Air sangat penting bagi tanaman. Tanpa air, tanaman bisa mati mengering. Oleh sebab itu, sebagi petani yang bijak, Anda harus bisa membuat drainase yang baik. Sebelum memutuskan untuk membuka lahan pertanian kelapa, Anda harus berfikir tentang bagaimana tanaman-tanaman kelapa Anda mendapatkan air dengan baik. Maka dari itu, membuat drainse sebaik-baiknya adalah hal yang harus dilakukan oleh petani.
 
Jangan biarkan tanaman Anda kekurangan air karena drainase yang buruk. Jangan pula biarkan tanaman Anda membusuk atau rusak karena tergenang air ketika musim hujan. Oleh karenannya, sangat penting bagi petani untuk memperhatikan kerja-kerja dan fungsi drainase agar berjalan optimal dan normal.
 
3.       Perhatikan kebersihan lahan! Anda harus melakukan pembersihan lahan terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk menanaminya kembali. Permukaan lahan dibersihkan hingga benar-benar bersih. Anda harus membuang sisa-sisa tunggul dan baian tanaman lain yang itu bisa berpotensi sebagai sarang rayap. Bagaimanapun rayap adalah salah satu hama yang bisa menyerang tanaman kelapa.

Tetapi, tak hanya rayap saja yang mengancam ketika Anda membiarkan kebun tak dibersihkan. Kebun yang kotor berpotensi menimbulkan penyakit, hama, dan hal negatif lainnya pada tanaman budidaya. Dengan kondisi kebun yang kotor, jamur bisa menyerang tanaman Anda lebih cepat. Hal ini tentu akan menimbulkan kerugian bagi petani. Sebab, bisa saja, dengan kondisi kebun yang kotor dan penuh hama penyakit, tanaman Anda menjadi mati dan tak bisa berbuah. Alhasil, bukan untung yang didapat, tetapi kerugian karena gagal panen.
 
4.       Rencanakan letak-letak bagian kebun. Perencanaan ini meliputi: jalan pengangkutan, akses, hingga jarak ke tempat pengolahan. Bagaimanapun, seorang pembudidaya dituntut oleh produktivitas yang tinggi, efisiensi, dan kerja cepat. Jangan sampai, setelah tanaman kelapa sudah tumbuh dewasa dan berbuah, Anda baru sadar bahwa kebun Anda tak punya akses jalan. Hal ini akan merepotkan Anda untuk mengangkut hasil panen. 



Memulai Bisnis Budidaya Kelapa Kopyor

Setelah itu semua selesai diterapkan, Anda sudah bisa memulai budidaya kelapa kopyor. Namun, masih banyak tahap lagi yang harus Anda lalui untuk menjadi pembudidaya yang baik dan berhasil.

Biasanya, pembudidaya yang berhasil adalah mereka yang gigih, infoatif, dan telaten dalam melakukan usaha-usaha perkebunan.

Anda tak bisa serampangan dalam melakukan budidaya kelapa kopyor. Sebab, meski kelapa adalah tanaman yang tak terlalu sulit dibudayakan, untuk hasil yang lebih optimal kelapa butuh perawatan yang telaten. Salah satunya adalah dengan selektif dalam memilih bibit kelapa kopyor mana yang akan digunakan sebagai benih.

Oleh karena itu, jika Anda tertarik untuk memulai menjadi pembudidaya kelapa kopyor, Vista Agro siap membantu menyediakan bibit kelapa kopyor unggulan yang terpercaya. Sebab, bibit yang unggul akan menghasilkan tanaman yang kelak menjadi unggul pula. Jadi, sebagai petani yang bijak, Anda tak boleh meremehkan pemilihan pemakaian bibit kelapa kopyor.

Apabila Anda berlokasi di sekitar Jogja, Anda bisa langsung ke tempat kami di Dusun Rejek Lor, RT 02/ RW 24, Desa Tirtoadi, Kecamatan Mlati, Kabupaten Sleman. Kami juga bisa dihubungi di nomor WhatsApp (WA): 082136461851 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Keuntungan Menanam Pohon Kelapa

  Menanam pohon kelapa memberikan berbagai keuntungan ekonomi, ekologis, dan sosial. Berikut adalah beberapa manfaat atau keuntungan yang ...