Rabu, 29 April 2020

Beberapa Fakta tentang Kelapa Kopyor


bibit kelapa kopyor

Kelapa kopyor merupakan jenis kelapa yang asli dari Indonesia. Varietas kelapa satu ini berasal dari Pati, Jawa Tengah. Kini, bibit dari tanaman kelapa kopyor sangat dicari. Hal ini karena permintaan kelapa kopyor yang tinggi dan potensi bisnisnya yang cukup menjanjikan. Memilih bibit kelapa kopyor ini sangat penting. Sebab, nantinya, kualitas bibit akan berpengaruh pada perkembangan pohon kelapa kopyor. Maka dari itu, jika Anda seorang petani kelapa, sangat penting untuk membeli bibit kelapa kopyor dari pembudidaya bibit yang sudah terpercaya dan terjamin kualitas bibitnya.

Bagaimanapun, kelapa kopyor adalah komoditas yang potensial untuk dikembangkan karena punya nilai ekonomi yang tinggi. Pengembangan kelapa kopyor dapat meningkatkan kesejahteraan petani. Sebab, selama ini, permintaan kelapa kopyor yang tinggi tak seimbang dengan produktivitas buah kelapa kopyor yang tak terlalu tinggi.

Dan inilah beberapa fakta mengenai kelapa kopyor:

Persebaran Kelapa Kopyor di Indonesia

Kelapa kopyor sudah sangat dikenal di daerah Jawa, khususnya Pati, dan sebagian Sumatera. Di Jawa, populasi kelapa kopyor sudah menyebar, tidak lagi hanya di Pati. Di Sumenep, Jawa Timur dan Bogor, Jawa Barat, kelapa kopyor sudah sangat terkenal dan mulai dibudidayakan. Untuk wilayah sentra atau produksi kelapa kopyor terbesar berada di Jawa Tengah. Pati, Rembang, dan Jepara merupakan kabupaten dengan pupulasi kelapa kopyor yang besar.

Potensi Menjanjikan Bisnis Kelapa Kopyor

Permintaan kelapa kopyor yang tinggi menjadikan kelapa kopyor layak menjadi lahan bisnis menguntungkan. Apalagi, saat memasuki bulan Ramadan, biasanya permintaan kelapa kopyor meningkat. Begitu pula permintaan pada bibit kelapa kopyor. Masyarakat Indonesia gemar mengonsumsi kelapa ini untuk teman berbuka puasa. Selain itu, buah kelapa jenis ini juga sering dicari sebagai bahan baku es krim.

Kelapa Kopyor Mudah Dibudidayakan

Dibanding jenis tanaman budidaya lainnya, kelapa kopyor lebih mudah untuk dibudidayakan. Hal ini dikarenakan iklim di Indonesia yang sangat cocok dengan pohon kelapa, termasuk kelapa kopyor. Tanaman kelapa sangat senang hidup di tempat tropis dan daerah dataran rendah.

Selain itu, perawatan kelapa kopyor bisa dibilang cukup mudah. Kelapa ini tak memerlukan perhatian khusus. Perawatan biasa saja sudah bisa membuat pohon kelapa tumbuh. Untuk membudidayakan kelapa kopyor hanya ada beberapa hal yang perlu dilakukan, yaitu: penyiapan bibit, penyemaian, penanaman, perawatan, pembersihan kebun, pemberantasan hama, pemupukan, dan hal umum lainnya. Jadi, intinya, untuk budidaya tanaman kelapa kopyor tak diperlukan penanangan atau perawatan khusus.

Punya Banyak Khasiat

Kelapa kopyor, selain terkenal karena kelezatannya, ternyata memiliki manfaat yang besar pula untuk kesehatan. Berikut adalah manfaat kelapa kopyor yang bisa mengatasi masalah kesehatan. Salah satunya adalah obat gatal-gatal.

Setiap orang pasti pernah menderita gatal-gatal. Gatal telah menjadi gejala umum yang diderita oleh hampir seluru penduduk bumi. Penyebab gatal pun bermacam-macam dan beragam. Ada yang gatal karena kurangnya menjaga kebersihan kulit. Ada yang gatal karena kulit kering. Ada pun yang gatal karena kondisi kehamilan maupun alergi.

Untuk mengatasi gatal biasanya orang-orang menggunakan obat-obatan kimia. Namun, siapa sangka bahwa ada obat herbal yang bisa mengatasi rasa gatal. Buah itu adalah kelapa kopyor. Jadi, Anda bisa menikmati kelezatan buah satu ini sekaligus mengobati rasa gatal pada kulit.

Selain itu, kelapa kopyor ternyata dapat membantu mengobati demam berdarah. Penyakit yang ditularkan lewat nyamuk ini sering mengancam orang-orang dari berbagai usia. Nah, kelapa kopyor ternyata punya khasiat membanu mengatasi masalah demam berdarah. Penyakit yang tak jarang merenggut korban ini dapat diatasi salah satunya dengan konsumsi kelapa kopyor. Namun, Anda tak bisa hanya memanfaatkan kelapa kopyor saja. Sebab, kelapa kopyor bukanlah obat yang utama, melainkan obat yang menunjang penyembuhan.

Dan di samping itu semua, kelapa kopyor bisa dipakai untuk obat luar mengatasi luka bakar. Luka bakar adalah luka yang disebabkan oleh panas. Bekas dari luka bakar bisa menempel seumur hidup di kulit manusia. Selain itu, rasa sakit yang ditimbulkan di kulit bisa terasa sangat menyiksa. Untuk mengatasi itu, Anda bisa memilih kelapa kopyor sebagai obatnya. 

Caranya adalah dengan mencampurkan kelapa kopyor dengan bahan lain seperti kunyit dan air kapur sirih hingga menjadi pasta. Kemudian, campuran itu dibalurkan pada bagian kulit yang terkena luka bakar. Meski begitu, jika luka bakarnya sudah masuk tahap yang serius, Anda perlu membawanya berobat ke dokter agar mendapat penanganan yang lebih serius dan intensif.

Bibit Kelapa Kopyor Mudah Dipesan

Selain banyak hal mulai dari khasiat, potensi bisnis, dan lain sebagainya, ternyata, bibit kelapa kopyor sangat mudah dipesan. Kini, sudah banyak pembudidaya yang menyediakan bibit kelapa kopyor yang berkualitas. Lebih jauh dari itu, dengan perkembangan teknologi, pemesanan bahkan bisa dilakukan secara online. Artinya, Anda hanya perlu memesan lewat telepon pintar. Dan bibit kelapa kopyor berkualitas pesanan Anda siap dikirimkan.

Jadi, bagi Anda yang tak punya waktu untuk membuat bibit kelapa kopyor sendiri, Anda bisa memesannya di beberapa web atau pembudidaya bibit kelapa kopyor terpercaya. Salah satu, penyedia bibit kelapa kopyor unggul adalah Vista Agro.

Jika Anda berminat, Vista Agro siap membantu menyediakan bibit kelapakopyor unggulan yang terpercaya. Bibit kelapa kopyor unggul ini berpengaruh pada hasil panen yang lebih maksimal. Anda bisa memesannya melalui nomor WhatsApp (WA): 082136461851. Atau apabila Anda berlokasi di sekitar Jogja, Anda juga dapat langsung ke tempat kami di Dusun Rejek Lor, RT 02/ RW 24, Desa Tirtoadi, Kecamatan Mlati, Kabupaten Sleman.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Keuntungan Menanam Pohon Kelapa

  Menanam pohon kelapa memberikan berbagai keuntungan ekonomi, ekologis, dan sosial. Berikut adalah beberapa manfaat atau keuntungan yang ...