Selasa, 28 April 2020

Selain Lezat, Inilah Khasiat Konsumsi Kelapa


 

Baru saja kita masuk bulan suci Ramadan. Enak rasanya dapat menyantap makanan lezat dan minuman segar saat buka puasa. Nah, minuman segar yang sedang hits adalah es kelapa kopyor. Kini, bibit kelapa kopyor banyak dicari sebab tren konsumsi kelapa kopyor yang meningkat seiring waktu.
Bagaimana tidak, kelezatan yang terkandung dalam daging buah kelapa kopyor sudah tak diragukan lagi. Selain itu, daging kelapa kopyor memiliki banyak varian olahan yang tak pernah bikin bosan. Kelapa tak hanya bisa disajikan sebagai olahan minuman. Lebih dari itu, buah satu ini bisa menjadi campuran pada kue ataupun jenis masakan lainnya.

Bagian dalam kelapa kopyor tampak bergumpal, berantakan, dan seperti tercampur aduk. Selain itu, ciri kelainan pada kelap kaopyoradalah daging buah yang empuk dan terkupas dari tempurungnya. Kandungan air dalam buah kelapa kopyor cenderung lebih sedikit dibanding kelapa normal. Begitupun dalam hal rasa dan aroma kelapa kopyor punya ciri khas tersendiri.

Namun, tak hanya rasa saja yang jadi keunggulan buah satu ini. Khususnya buah kelapa kopyor ternyata punya khasiat yang baik untuk tubuh dan kesehatan. Memang tak salah lagi kalau kelapa punya julukan pohon kehidupan. Hal ini dikarenakan dari batang, sabut, buah, tempurung, hingga daunnya yang sudah kering bisa dimanfaatkan oleh manusia.

Rasa yang mantap dan khasiat yang banyak membuat kelapa menjadi primadona di pasar. Buahnya banyak dicari. Sampai-sampai pasokan buah dari kebun menjadi kekurangan. Permintaan  buah kelapa untuk industri besar pun cukup tinggi. Begitu pun permintaan di kalangan pedagang es buah.

Dalam artikel ini kita akan mengulas sedikit perihal cara pengolahan kelapa kopyor sehingga dapat menjadi kudapan yang lezat dan menyegarkan. Ini bisa menjadi pilihan bagi Anda yang bingung berbuka puasa dengan menu apa. Percayalah bahwa olahan buah kelapa tidak akan mengecewakan  lidah Anda.

Untuk membuat es kelapa kopyor tidaklah sulit. Anda bisa memanfaatkan bahan-bahan yang ada di rumah Anda seperti gula, susu kental manis, es, dan sirup. Semua bahan itu dicampur dalam wadah dengan takaran sesuai selera. Setelah itu, masukkan daging kelapa kopyor. Es kelapa kopyor pun siap untuk dinikmati.

Khasiat Kelapa Kopyor

Namun, kelapa kopyor tak hanya bisa dimanfaatkan sebagai hidangan es saja. Banyak yang bisa diolah dari buah satu ini. Anda bisa membuat kue kelapa dan lain sebagainya.
Tetapi, di balik itu semua ternyata ternyata tersimpat khasiat yang dimiliki oleh buah satu ini.

Kelapa kopyor tak hanya lezat dinikmati. Buah satu ini memiliki kandungan nutrisi yang terdiri dari karbohidrat, protein, lemak, calsium, dan lain sebagainya. Air pada kelapa kopyor mengandung sukrosa. Nutrisi itu sangat mudah larut dalam tubuh sehingga dapat diubah menjadi energi. Jadi, tak heran bila banyak orang yang mengonsumsi air kelapa untuk mengembalikan energi tubuh.

Beberapa manfaat yang bisa kita dapat setelah mengonsumsi kelapa adalah sebagai berikut:

1.     Air kelapa memiliki efek isotonik yang menyegarkan tubuh. Anda bisa mencampurkan air kelapa, daging kelapa, dengan tambahan sedikit gula dan es batu untuk mengonsumsinya. Minuman segar tersebut sangat cocok dikonsumsi pada waktu matahari sedag terik dan panas.

2.   Campuran air kelapa muda dengan air perasan jeruk nipis dipercaya dapat menjadi obat demam berdarah. Anda bisa meminumnya secara teratur beberapa kali sehari. Kelapa kopyor dapat membantu pemulihan demam berdarah.

3.       Mencampurkan air kelapa dengan sari jeruk juga dapat menobati cacingan pada anak.

4.       Daging kelapa kopyor dipercaya sebagai obat kejantanan. Ada ramuan dari madura yang memanfaatkan kelapa kopyor untuk obat bagi laki-laki perkasa. Sebuah amuan yang dapat meningkatkan gairah seksual. Ramuan tersebut dibikin dari sebutir kelapa kopyor, sebotol minuman bersoda, dan campuran 3 sendok makan susu kental serta sesendok madu. Setelah minum ramuan itu, konon pasangan suami istri tidak akan mudah capek.

Selain beberapa khasiat itu, kelapa kopyor ternyata memiliki manfaat sebagai obat detoksifikasi alami. Telah menjadi rahasia umum apabila air kelapa adalah penetralisir racun alami yang ampuh. Begitupun kelapa kopyor, buah ini dapat menjadi piranti untuk membuang zat-zat kimia beracun yang bersarang di dalam tubuh manusia. Dan dalam beberapa artikel, kelapa kopyor konon dapat mengendalikan penyakit diabetes. 

Kelapa kopyor juga bermanfaat bagi kecantikan. Kandungan yang ada di dalamnya dapat mencegah penuaan dini. Antioksidan yang tinggi di dalam kelapa kopyor dapat menghambat penuaan sel-sel pada kulit. Artinya, dengan rutin meminum air kelapa, Anda bisa terlihat awet muda. Diimbangi dengan asupan vitamin dan nutrisi yang lain, Anda bisa menggunakan kelapa kopyor sebagai tambahan nutrisi bagi peremajaan kulit. Begitulah, banyak sekali khasiat yang dikandung buah satu ini.

Memulai Budidaya Kelapa Kopyor
 
bibit kelapa kopyor
Dengan kelezatan dan khasiat yang dikandung, kelapa kopyor benar-benar diburu di pasaran. Kebutuhan akan buah kelapa ini meningkat ketika memasuki bulan Ramadan. Ini adalah waktu yang tepat untuk memulai budidaya kelapa kopyor. Bagaimanapun, seringkali pola pasar di Indonesia menguntungkan bagi pembudidaya kelapa kopyor. Tak banyak yang budidaya, tapi permintaan selalau tinggi. Itulah. 

Jika Anda tertarik untuk memulai menjadi pembudidaya kelapa kopyor, Vista Agro siap membantu menyediakan bibit kelapa kopyor unggulan yang terpercaya. Bibit kelapa kopyor unggul sangat berpengaruh pada hasil panen yang lebih optimal. Jika Anda berlokasi di sekitar Jogja, Anda bisa dapat langsung ke tempat kami di Dusun Rejek Lor, RT 02/ RW 24, Desa Tirtoadi, Kecamatan Mlati, Kabupaten Sleman. Kami juga bisa dihubungi di nomor WhatsApp (WA): 082136461851

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Keuntungan Menanam Pohon Kelapa

  Menanam pohon kelapa memberikan berbagai keuntungan ekonomi, ekologis, dan sosial. Berikut adalah beberapa manfaat atau keuntungan yang ...