Rabu, 22 April 2020

Mengenal Kelapa Kopyor, Bibit Kelapa Kopyor dan Manfaatnya


Terjadinya kelapa kopyor bagaimana?


Kelapa kopyor merupakan kelapa yang mengalami kelainan genetika yakni kelapa yang lepas dari cangkangnya(Mashud :2007). Karena mutasi gen tersebut membuat kelapa kopyor berbeda dari kelapa biasa. Dampak mutasi tersebut mebuat kelapa kopyor memiliki kadar lemak daging buah yang biasanya 6,5 persen menjadi 7,88-12,74 persen (Maskromo 2010).

Kondisi tersebut membuat kelapa kopyor memiliki daging buah terasa lebih gurih dan memiliki tekstur daging buah lebih lembut. Kombinasi kedua hal tersebut membuat kelapa kopyor menjadi jenis santapan yang delicious lezat, baik dikonsumsi langsung maupun dikonsumsi bersamaan dengan bahan lain seperti es kopyor, dan buah buah lainnya.
Namun mutasi gen dalam kopyor tersebut tidak memiliki efek samping bagi kesehatan. Terbukti sampai saat ini belum ada orang yang keracunan meminum dan memakan kelapa kopyor. Bahkan, peminat kelapa kopyor semakin meningkat karena rasanya memang enak dan popularitasnya yang meningkat.

Bagaimana Prosentase Kopyor dalam 1 Pohon?


Banyak pelanggan yang bertanya apakah bibit kelapa kopyor genjah asli Pati menghasilkan kopyor semua? Kami jawab tidak. Ini sesuai penelitian Balitpalma Manado di Pati di tahun 2007-2010 yang menyatakan bahwa prosentase kelapa kopyor Pati melalui pengembangbiakan generative menghasilkan prosentase 30 persen sampai 50 persen.
Maksudnya , semisal dalam satu tandan ada 10 buah, maka yang jadi kopyor berkisar tiga sampai lima pertandan. Kondisi seperti ini sebenarnya sudah ada sejak 30 tahun lalu, terutama di daerah kawasan Pati . Hanya saja kelapa kopyor semakin populer sejak Kementan melepas varietas Kelapa kopyor asli Pati di tahun 2010, yaitu varietas genjah kopyor hijau, genjah kopyor coklat dan genjah kopyor kuning.

Bagaimana Carai Identifikasi Kelapa Kopyor ?

Kelapa kopyor bisa dibedakan dengan kelapa biasa dengan cara sederhana. Yakni dengan menguncang guncangkannya dengan tangan. Kalau terasa ada benda padat dengan suara “kupyuk kupyuk di dalam air kelapa, maka besar kemungkinan itu kelapa kopyor. Cara tradisional tersebut sudah diajarkan nenek moyang kita selama puluhan tahun lamanya.
Dimanakah sentra kelapa Kopyor?
Kelapa kopyor banyak tumbuh di Indonesia. Namun yang memiliki jumlah pohon kopyor poling banyak terdapat di kawasan Pati, Cilacap, Lombok, Jawa Timur dan Jawa Tengah. Rata rata pohon kelapa kopyor tumbuh baik di kawasan  pesisir karena kelapa memang menyukai suhu hangat. Walaupun juga bisa tumbuh di pegunungan.

Dimanakah Bisa Memperoleh Bibit Kelapa Kopyor ?

bibit kelapa kopyor

Vista agromedia menjual bibit kelapa kopyor genjah asli Pati. Bagi anda yang ingin membeli langsung bisa datang ke Dusun Rajek Lor RT 02 RW 24 Desa Tirtoadi Mlati Sleman. Kami sebenarnya perantau yang berasal dari Daerah penghasil kelapa kopyor, yakni Pati Jawa tengah. Bibit dipasok dari Pati Jawa Tengah dengan pemasaran terpusat di Sleman Yogyakarta.
Bagi anda yang memiliki kebutuhan besar pengadaan bibit kelapa kopyor bersertifikat bisa menghubungi kami jauh jauh hari sebelum pemesanan. Kami menyediakan bibit kelapa kopyor bersertifikat atau label dengan syarat tertentu, terutama partai besar dengan tempo yang lebih lama.
Bisa juga dengan melalui PIT yang sudah memperoleh SK Kementan yang menjadi syarat untuk memperoleh label. Bisa juga dengan melalui Surat Keterangan Kelompok Tani yang ditandatangani Kepala Desa setempat. Alternatif tersebut biasa kami lakukan sesuai kebutuhan pelanggan. Jadi tidak usah khawatir terkait keaslian bibit kelapa kopyor kami.
vista agro media



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Keuntungan Menanam Pohon Kelapa

  Menanam pohon kelapa memberikan berbagai keuntungan ekonomi, ekologis, dan sosial. Berikut adalah beberapa manfaat atau keuntungan yang ...