Jumat, 24 April 2020

Penanaman Kelapa Kopyor Dengan Tumpangsari


Menanam Kelapa Kopyor dengan Pola Tumpang Sari

 Gairah menanam bibit kelapa kopyor kini semakin naik seiring tingginya kebutuhan masyarakat untuk mengomsumsi buah kopyor. Hal tersebut tentu bukan tanpa alasan. Kelapa kopyor memang memiliki nilai ekonomis tinggi dibanding pohon kelapa lainnya. Daya serap pasar yang luas membuat harga kelapa koyor cenderung stabil dengan harga relative tinggi.
Pola Tumpangsari Tanaman Kelapa Kopyor

Menanam bibit kelapa kopyor dengan Pola tumpangsari kini mulai dilirik masyarakat. Pohon kelapa bisa ditumpangsari dengan tanaman lain seperti pisang, rempah rempah, jagung, ubi dan papaya. Pola tumpangsari cocok dilakukan selama usia bibit kelapa kopyor dibawah 7 tahun. Karena semakin tua usia pohon kelapa,ia cenderung tinggi dan besar sehingga menutupi tanaman di bawahnya.


Pola tumpangsari ini sejalan dengan anjuran FAO (Food And Agriculture Organization) Organisasi Pangan Dunia yang menganjukan untuk memanfaatkan lahan demi ketahanan pangan dunia. Pola Tumpangsari memungkinkan petani memperoleh pendapatan tambahan sambil menunggu pohon kelapa besar.
Keuntungan menanam pola tumpangsari misalnya dengan papaya California memberikan pemasukan tambahan bagi petani. Pemasukan tambahan penghasilan ini bisa digunakan untuk membiayai operasional perawatan menanam bibit kelapa kopyor


Pola tumpangsari kelapa kopyor bisa dilakukan dengan berbagai tanaman unggul semisal jagung, ubi, pepaya, porang, pisang, dan lain sebagainya yang memiliki nilai ekonomis tinggi. 

Teknik Tumpangsari
Pohon kelapa kopyor umumnya menggunakan jarak 6 x 6. Sehingga masih ada ruang sisa untuk ditanami pohon produktif. Tanaman yang lagi hits saat ini adalah jahe merah yang bisa dijadikan pilihan utama untuk tumpangsari dengan pohon kelapa kopyor. Cara tumpangsari cukup sederhana. Tanamlah pohon pilihan di sela sela pohon kelapa kopyor dengan jarak secukupnya, missal 1 meter.

Vista Agro Supplier Bibit Kelapa Kopyor
Bagi anda yang berminat menanam Bibit kelapa kopyor model tumpangsari dengan empon empon, semisal jahe merah, kunyit, temulawak,  vista agro siap menyuplai bibit semuanya; yakni bibit kelapa kopyor dan empon eempon terpilih.

Pengiriman Bibit Kelapa Kopyor
Pengiriman bibit kelapa kopyor bisa melaui berbagai ekspedisi baik darat, udara dan laut. Tentu saja menyesuaikan dengan tujuan kirim.
Packing Bibit Kelapa Kopyor
Untuk pembelian dibawah 5 batang, biasa kami kirim pakai kardus. Namun untuk partai besar, kami gunakan peti kayu.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Keuntungan Menanam Pohon Kelapa

  Menanam pohon kelapa memberikan berbagai keuntungan ekonomi, ekologis, dan sosial. Berikut adalah beberapa manfaat atau keuntungan yang ...