Sabtu, 18 April 2020

Cara Meningkatkan Produktivitas Pohon Kelapa Kopyor


Bibit kelapa kopyor yang unggul dapat memengaruhi produktivitas kelapa kopyor. Jika Anda menggunakan bibit yang baik, maka hasil baik pun kemungkinan besar akan Anda peroleh. Namun, untuk mendapatkan hasil yang maksimal Anda harus tahu ilmu perawatan kelapa yang baik dan benar. 
 
Menanam kelapa tak sulit. Tak ada perawatan khusus untuk tanaman kelapa. Tanaman ini bahkan sering kali tumbuh dengan sendirinya. Namun, untuk kelapa budidaya, Anda perlu memperhatikan apa saja yang terjadi pada proses produksi kelapa kopyor. Hal ini bertujuan agar petani kelapa lebih mudah dalam mengontrol perkembangan pohon kelapa. Sebab, banyak faktor yang mempengaruhi produktivitas tanaman kelapa.


Fase-fase produksi pada pohon kelapa

Tak hanya bibit kelapa atau usia yang memengaruhi produksi kelapa. Ada banyak faktor lainnya yang juga berpengaruh. Misalnya, perawatan, penanganan hama, hingga kualitas tanah sebagai media tanam. Jadi, sebelum menyelami hal itu, alangkah baiknya kita mengenal fase-fase produksi pada tanaman kelapa. Secara garis besar, masa berproduksi kelapa kopyor bisa dibagi menjadi tiga masa, yaitu masa taruna, dewasa, dan tua.

1.       Masa Taruna
Masa taruna merupakan tahap awal. Pada masa ini, produksi buah pada kelapa meningkat cepat hingga mencapai puncaknya. Pada jenis kelapa genjah, masa taruna dimulai pada umur 3 – 4 tahun dan berakhir pada umur 10 – 18 tahun. Berbeda dengan jenis kelapa dalam (kelapa biasa) yang baru masuk masa taruna pada umur 6 – 8 tahun dan berakhir pada umur 15 – 20 tahun. 

2.       Masa Dewasa
Masa dewasa adalah masa di mana produksi buah pada pohon kelapa sudah mulai konstan. Pada masa ini, buah yang dihasilkan oleh pohon kelapa berkualitas baik untuk dijadikan benih atau bibit. Misalnya, untuk dijadikan bibit kelapa kopyor, Anda bisa mengambil buah pada usia ini. Pada kelapa genjah, masa dewasa berlangsung selama 15 – 20 tahun. Rentang masa ini dipengaruhi oleh banyak hal. Tergantung perawatan pohon kelapa (intensif atau tidak). Dibanding kelapa genjah, kelapa biasa (kelapa dalam) cenderung memiliki rentang masa dewasa yang lebih lama. Pada kelapa biasa, masa dewasa bisa berlangsung selama 20 – 25 tahun. 

3.       Masa Tua
Masa tua menjadi masa di mana pohon kelapa mulai mengalami penurunan produksi buah kelapa. Pada fase tua, makin berumur pohon kelapa, maka makin menurun pula kuantitas produksi buah kelapanya. Masa tua pun jadi masa paling rentan bagi pohon kelapa. Sebab, selain menurunnya produksi buah kelapa, pohon yang telah masuk fase ini lebih mudah terserang penyakit dan hama.

Masa tua pada kelapa genjah biasa dimulai pada umur 30 tahun. Sedangkan pada kelapa dalam dimulai pada usia 40 tahun. Sebagai pembudidaya, Anda bisa melakukan peremajan bibit kelapa apabila tanaman kelapa sudah mulai tua. Proses peremajaan itu berfungsi untuk menekan penurunan produksi yang drastis. Selain itu, peremajaan adalah cara yang tepat agar produksi buah kelapa pada suatu kebun terus berlanjut.

Menanam kelapa tak sulit. Tak ada perawatan khusus untuk tanaman kelapa. Tanaman ini bahkan sering kali tumbuh dengan sendirinya. Namun, untuk kelapa budidaya, Anda perlu memperhatikan apa saja yang terjadi pada proses produksi kelapa kopyor. Hal ini bertujuan agar petani kelapa lebih mudah dalam mengontrol perkembangan pohon kelapa. Sebab, banyak faktor yang mempengaruhi produktivitas tanaman kelapa.


Untuk itu, yang perlu Anda perhatikan sebagai pembudidaya atau pengusaha perkebunan kelapa adalah memperhatikan lama setiap masa. Biasanya, para petani menjadikan masa taruna sebagai masa untuk investasi. Jadi, sebisa mungkin masa taruna berlangsung cepat.

Kemudian, masa dewasa merupakan masa pengembalian modal dan masa memetik keuntungan. Oleh karenanya, masa dewasa sebisa mungkin berlangsung lama. Sebab, pada masa tersebut pengusaha kebun kelapa memetik keuntungan. Jadi, semakin panjang masa dewasa tanaman kelapa, makin baik besar pula keuntungan yang dapat dihasilkan. Sedangkan masa tua adalah masa penurunan produktivitas dan beristirahatnya pohon kelapa.



Perawatan pohon kelapa

Setelah kita mengetahui fase di atas, kini kita bisa mulai memaksimalkan tiap masanya. Caranya adalah dengan melakukan perawatan pada pohon kelapa secara optimal. Misalnya, pada usia tanaman kelapa yang memasuki 3 – 4 tahun, ada beberapa proses seperti pemberian mulsa, pengaira dan lain-lain.

Di bawah ini adalah beberapa cara perawatan pohon kelapa:

1.       Pemberian Mulsa dan Pemagaran
 Setelah selesai menanam, tanah di sekitar tanaman kelapa perlu ditutup mulsa berupa daun-daunan hijau dari semak-semak atau jerami padi. Hal ini berfungsi untuk mengurangi penguapan air serta menjaga kelembapan tanah. Selain itu, pemberian mulsa bergguna untuk menekan pertumbuhan rumput liar (gulma) yang bisa menghambat pertumbuhan tanaman. Mulsa juga dapat menyuburkan tanah.

2.       Pengairan
Penyiraman dilakukan secara kontinu sampai tanaman berusia 3 tahun. Anda bisa mengalirkan air melalui parit-parit di sekitar bedengan. Anda juga bisa melakukannya secara manual dengan menyirami langsung tanah di sekitar tempat penanaman hingga cukup basah (lembap).

3.       Menanam Tanaman Penutup
Tanaman penutup bisa berupa kacang-kacangan. Petani biasa menanam tanaman penutup tanah sebelum musim hujan tiba.Hal ini bertujuan menekan pertumbuhan gulma dan perkembangan hama oryctes rhinoceros, memperbaiki kandungan unsur nitrogen dan struktur tanah.

4.       Pemupukan
Kelapa perlu dipupuk agar pertumbuhannya menjadi maksimal dan hasilnya lebih memuaskan. Pemupukan merupakan upaya memberikan tambahan unsur hara pada tanah. Pemupukan ini, langsung atau tidak langsung, memberikan tambahan pangan atau nutrisi bagi tanaman kelapa. Pemupukan dilakukan apabila tanah pada kebun tak mencukupi unsur hara yang dibutuhkan oleh tanaman kelapa. Untuk dosis pemupukan berbeda-beda sesuai dengan kondisi lingkungan. 

**
Merawat kelapa sangatlah mudah, bukan? Sebenarnya, masih ada banyak lagi teknik-teknik perawatan pohon kelapa yang perlu diketahui. Empat poin di atas hanyalah bagian kecil dari cara perawatan pohon kelapa. Untuk lebih lengkapnya akan kami bahas lain waktu. 
bibit kelapa kopyor


Jika Anda tertarik untuk memulai menjadi pembudidaya kelapa kopyor, Vista Agro siap membantu menyediakan bibit kelapa kopyor unggulan yang terpercaya. Apabila Anda berlokasi di sekitar Jogja, Anda bisa dapat langsung ke tempat kami di Dusun Rejek Lor, RT 02/ RW 24, Desa Tirtoadi, Kecamatan Mlati, Kabupaten Sleman. Kami juga bisa dihubungi di nomor WhatsApp (WA): 082136461851 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Keuntungan Menanam Pohon Kelapa

  Menanam pohon kelapa memberikan berbagai keuntungan ekonomi, ekologis, dan sosial. Berikut adalah beberapa manfaat atau keuntungan yang ...