Jumat, 17 April 2020

Lokasi dan Iklim Terbaik untuk Budidaya Kelapa Kopyor



Siapa tak kenal tanaman kelapa? Dengan buahnya yang sangat menyegarkan, hampir seluruh umat manusia mengetahui buah satu ini. Tanaman ini kerap ditemukan di daerah tropis. Kelapa biasanya tumbuh di dataran rendah di wilayah sepanjang garis katulistiwa.

Tanaman kelapa kopyor senang dengan suhu udara yang panas. Dengan suhu rata-rata tahunan kurang-lebih 27 derajat selsius, kelapa ini bisa tumbuh normal. Namun, tiap fase perkembangan kelapa kopyor memiliki suhu idealnya masing-masing. Misalnya, pada masa pertumbuhan vegetatif, tanaman kelapa kopyor menghendaki suhu minimal 21 derajat selsius. Sedangkan pada masa pertumbuhan buah, tanaman kelapa kopyor memerlukan suhu rata-rata 25 derajat selsius, dengan fluktuasi 5 – 7 derajat selsius.



Kini, jenis kelapa yang sedang naik daun adalah kelapa kopyor. Kelapa kopyor sesungguhnya merupakan pertumbuhan abnormal dari buah kelapa. Namun, karena rasanya yang lezat, kelapa kopyor diburu untuk disantap. Kelapa kopyor sering diolah sebagai kudapan maupun minuman segar. Tetapi, tak hanya buahnya saja yang diburu. Karena tingginya permintaan buah kelapa kopyor di pasar, kini bibit kelapakopyor pun mulai dicari.

Jika Anda juga tertarik menggeluti budidaya kelapa kopyor, Anda bisa memperhatikan beberapa hal di bawah ini. Dalam artikel kali ini, kami akan membagikan ilmu terkait budidaya kelapa kopyor.
Tiap tanaman pasti punya tempat hidupnya sendiri. Begitupun kelapa kopyor. Tanaman satu ini bisa tumbuh dan berkembang dengan baik apabila ditanam di daerah yang tepat. Bahkan, menurut literatur yang kami dapatkan, keberhasilan budidaya kelapa kopyor banyak dipengaruhi oleh faktor iklim dan tanah.

Faktor iklim mempengaruhi banyak menyangkut pertumbuhan kelapa kopyor. Faktor iklim tersebut di antaranya meliputi: suhu udara, ketinggian tempat, daerah lintang atau letak geografis, kuantitas hujan, keadaan angin, intensitas sinar matahari, hingga kelembaban udara.

Suhu Udara yang Cocok untuk Budidaya Kelapa Kopyor

Tanaman kelapa kopyor senang dengan suhu udara yang panas. Dengan suhu rata-rata tahunan kurang-lebih 27 derajat selsius, kelapa ini bisa tumbuh normal. Namun, tiap fase perkembangan kelapa kopyor memiliki suhu idealnya masing-masing. Misalnya, pada masa pertumbuhan vegetatif, tanaman kelapa kopyor menghendaki suhu minimal 21 derajat selsius. Sedangkan pada masa pertumbuhan buah, tanaman kelapa kopyor memerlukan suhu rata-rata 25 derajat selsius, dengan fluktuasi 5 – 7 derajat selsius.

Tanaman kelapa cukup sensitif dengan perubahan iklim yang mencolok. Perubahan iklim yang mencolok bisa membikin penurunan hasil produksi buah kelapa. Jadi, dengan persyaratan yang disebut di atas, umumnya, tanaman kelapa banyak di jumpai di wilayah dengan ketinggian kurang dari 600 m dpl.

Ketinggian Tempat

Di Indonesia, tanaman kelapa paling banyak dijumpai di daerah dengan ketinggian kurang dari 200 m dpl. Namun, sebenarnya, kelapa dapat tumbuh baik di daratan berketinggian antara 200 m – 600 m dpl. Tetapi, belakangan diketahui bahwa tanaman kelapa yang tumbuh di dataran rendah (di bawah ketinggian 200 m dpl) berbuah lebih cepat dan memiliki kadar minyak yang tinggi.

Pada ketinggian lebih dari 1.000 m dpl, tanaman kelapa tetap bisa tumbuh. Namun, seringkali hanya berbuah lebih lambat dan sedikit. Selain itu, produksi buah pun terbilang lambat. Bahkan, kelapa yang ditanam di dataran tinggi biasanya baru berbuah pada umur lebih dari 12 tahun.

Daerah Lintang

Kelapa adalah tanaman khas daerah tropis. Ia dapat tumbuh dan berkembang dengan baik pada wilayah dengan batas geografis 18° Lintang Utara (LU) dan 18° Lintang Selatan (LS). Namun, daerah yang paling cocok untuk budidaya kelapa kopyor adalah pada wilayah antara 15° LU dan 15° LS. Beberapa negara yang berada di wilayah itu di antaranya yaitu, Indonesia, Malaysia, daerah tropis Afrika, Amerika Tengah, Filipina, dan lain sebagainya. Di luar daerah tersebut, seperti di Portugal dan Florida, mungkin pohon kelapa dapat tumbuh, tetapi tak berbuah sama sekali.

Cuaca dan Curah Hujan

Curah hujan memengaruhi persediaan air untuk proses pertumbuhan tanaman kelapa. Jadi, faktor cuaca dan curah hujan merupakan hal vital yang memengaruhi berhasil tidaknya budidaya kelapa.
Tanaman kelapa cocok hidup di daerah yang memiliki musim kemarau ccukup pendek (kurang dari tiga bulan), tetapi tak terlalu kering. Curah hujan minimal yang disukai tanaman kelapa kopyor adalah 1.300 mm per tahun. Sedangkan, curah hujan maksimalnya adalah 2.300 mm per tahun.
Musim kemarau yang terlalu panjang berakibat pada penguapan yang berlebih pada seluruh bagian tanaman. Hal itu, bisa mengakibatkan pertumbuhan tanaman terganggu. Selain itu, kemarau yang terlampau panjang dapat berakibat pada terganggunya pembentukan daun baru dan kucup bunga yang menurun. Namun, apabila curah hujan terlalu tinggi, produksi buah bisa berkurang atau punya kualitas yang buruk.

Keadaan Angin

Angin yang terlampau kencang bisa membahayakan tanaman kelapa. Sebab, angin kencang seperti badai dapat merusak tanamana.

Intensitas Sinar Matahari

Supaya tanaman kelapa bisa tumbuh dengan maksimal dan berproduksi dengan baik, diperlukan penyinaran matahari minimal tujuh jam per hari. Kebutuhan sinar matahari pada tanaman kelapa kopyor lebih tinggi dari jenis kelapa sawit. Pada kelapa sawit, hanya diperlukan empat jam penyinaran matahari per hari.


Jenis Tanah

Pada dasarnya, tanaman kelapa dapat tumbuh pada berbagai jenis tanah di daerah dengan ketinggian kurang dari 600 m dpl. Asalkan, tanah tersebut memiliki sifat fisik dan kimia yang memenuhi syarat tumbuhnya tanaman.

Beberapa jenis tanah yang sesuai untuk ditanamai kelapa antara lain, yaitu:
1.       Tanah Aluvial (Endapan)
2.       Tanah Grumosol (Liat)
3.       Tanah Lateritic (Latosol)
4.       Tanah Regosol
5.       Tanah Vulkanis
6.       Tanah Gembur

Untuk memulai budidaya kelapa kopyor di Indonesia tak sulit, bukan? Apalagi, kini telah banyak pembudidaya yang menyediakan bibit kelapa kopyor unggul.

Jadi, jika Anda tertarik untuk memulai menjadi pembudidaya kelapa kopyor, Vista Agro siap membantu menyediakan bibit kelapa kopyor unggulan yang terpercaya. Bibit kelapa kopyor unggul sangat mempengaruhi hasil. Makin unggul bibit, makin maksimal pula hasil yang akan dipanaen. Jika Anda berlokasi di sekitar Jogja, Anda bisa dapat langsung ke tempat kami di Dusun Rejek Lor, RT 02/ RW 24, Desa Tirtoadi, Kecamatan Mlati, Kabupaten Sleman. Kami juga bisa dihubungi di nomor WhatsApp (WA): 082136461851

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Keuntungan Menanam Pohon Kelapa

  Menanam pohon kelapa memberikan berbagai keuntungan ekonomi, ekologis, dan sosial. Berikut adalah beberapa manfaat atau keuntungan yang ...