Rabu, 29 April 2020

Keunggulan Pohon Bibit Kelapa Kopyor



Bibit kelapa kopyor kini memang sedang sangat dicari di pasaran. Bibit pohon satu ini diincar karena memiliki berbagai keunggulan. Harga jual buah kelapa kopyor tercatat memiliki nilai yang lebih tinggi dari kelapa jenis lainnya.

Menurut laman media detikFinance bahkan pada tahun 2014 tertulis bahwa usaha agro kelapa kopyor punya nilai jual 10 kali lebih tinggi dari jenis kelapa lainnya. Padahal, untuk waktu panennya, kelapa kopyor tak beda jauh dengan kelapa lainnya, yaitu 4 – 5 tahun untuk panen pertama. Dan rata-rata tiap pohon dapat menghasilkan 150 butir kelapa kopyor.

Kelapa kopyor ini mulanya dihasilkan melalui proses alami. Artinya, dalam tiap pohon kelapa hanya beberapa persen saja yang buahnya adalah kelapa kopyor. Hal ini disebabkan karena kelapa kopyor adalah buah yang tumbuh dan muncul secara abnormal. Ia berbeda dengan kelapa biasanya. Baik dari segi rasa, bentuk, hingga tekstur daging dan jumlah air serta aroma, buah kelapa kopyor memiliki ciri khas tersendiri.

Menurut beberapa orang yang telah menjadi konsumen buah kelapa kopyor, daging yang ada dalam kelapa kopyor cenderung lebih banyak dan lebih gurih. Hal ini menjadi poin tambahan kenapa kelapa kopyor menjadi incaran di pasar buah.

Untung Besar Budidaya Kelapa Kopyor

Di bulan Ramadan dan musim kemarau, biasanya permintaaan buah kelapa meningkat. Sebab, pada masa-masa Ramadan dan kemarau, banyak orang mencari minuman segar. Dan, es kelapa adalah olahan minuman segar paling populer di Indonesia. Rasanya yang manis dan dagingnya yang gurih disenangi oleh banyak orang karena bisa menghilangkan dahaga lebih cepat.

Lalu, kenapa budidaya kelapa kopyor bisa mengundang untung besar?
Anda pasti tahu bahwa kelapa adalah tanaman multi manfaat. Tak hanya digunakan sebagai olahan makanan. Namun, juga dibutuhkan oleh banyak industri besar seperti pabrik sabun dan industri kosmetik untuk kecantikan. Jadi, permintaan buah kelapa akan selalu ada. Maka dari itu, jika panen kelapa melimpah, bisa dipastikan petani akan dapat untung yang besar.

Hal ini berlaku bagi jenis kelapa kopyor. Di antara jenis-jenis kelapa, kelapa kopyor adalah primadona. Kelapa kopyor memiliki ciri khas tersendiri. Ia memiliki daging yang lebih tebal dan nilai jual yang lebih tinggi.

Percayalah bahwa untuk dikembangkan, kelapa kopyor jelas memiliki prospek yang sangat baik. Menurut beberapa penelitian, salah satu kunci sukses budi daya kelapa kopyor adalah penggunaan bibit kelapa kopyor yang diambil dari varietas unggul. Sebab, bibit kelapa kopyor yang unggul akan menghasilkan buah yang berkualitas unggul juga. Begitupun sebaliknya, apabila bibit kelapa kopyor yang ditanam berkualitas rendah, maka pohon yang tumbuh pun tak akan terlalu baik.

Keunggulan Menanam Bibit Kelapa Kopyor

Kelapa termasuk tanaman budidaya yang mudah dirawat. Dibandingkan dengan jenis tanaman lainnya, perawatan pohon kelapa bisa dibilang tak terlalu merepotkan. Hal ini karena menanam kelapa tak memerlukan perlakuan khusus. Bahkan sering dijumpai bahwa pohon kelapa bisa tumbuh dan berbuah dengan sendirinya di alam bebas. Oleh karena itu budidaya kelapa, khususnya kelapa kopyor, sangat direkomendasikan. Di samping perawatan yang mudah, hasilnya pun besar.

Budidaya kelapa kopyor sangat mudah dilakukan di Indonesia. Iklim, tanah, cuaca sangat mendukung pertumbuhan dan pembuahan pohon kelapa. Selain itu, kini, sudah banyak agen yang menyediakan bibit kelapa kopyor unggul yang bisa mengoptimalkan produksi pohon. Jadi, tak diragukan lagi kalau menanam kelapa bisa meningkatkan kesejahteraan.

Kelapa sangat cocok dengan iklim tropis. Hal ini dikarenakan kelapa kopyor adalah tanaman khas daerah tropis. Kelapa kopyor dapat tumbuh dan berkembang dengan baik pada wilayah dengan batas geografis 18° Lintang Utara (LU) dan 18° Lintang Selatan (LS).

Suhu di Indonesia pun sangat cocok untuk pertumbuhan kelapa kopyor. Tanaman atau pohon satu ini sangat senang dengan udara yang bersuhu panas. Di Indonesia hal itu bisa didapati. Dengan suhu rata-rata tahunan kurang-lebih 27 derajat selsius, bibit kelapa kopyor dapat tumbuh dan berkembang baik. Oleh karena itu, banyak dijumpai tanaman kelapa kopyor paling banyak dikembangkan di wilayah berketinggian kurang dari 200 m dpl. Meski sebenarnya kelapa dapat tumbuh baik di daratan berketinggian antara 200 m – 600 m dpl. Namun, tetap saja, kelapa yang tumbuh di dataran rendah didapati berbuah lebih cepat dan memiliki kadar minyak yang tinggi.

Di balik itu semua, hal yang sangat mendukung kelapa kopyor dapat subur di Indonesia adalah karena curah hujan, intensitas matahari, dan faktor tanah yang sangat cocok. Tanaman kelapa cocok hidup di daerah yang memiliki musim kemarau ccukup pendek (kurang dari tiga bulan), tetapi tak terlalu kering. Curah hujan minimal yang disukai tanaman kelapa kopyor adalah 1.300 mm per tahun. Sedangkan, curah hujan maksimalnya adalah 2.300 mm per tahun.

Mulailah Menanam Kelapa Kopyor!


Bagi Anda yang tak punya lahan cukup luas, Anda bisa menanam pohon kelapa di halaman rumah. Sebab, di usia awal produksi buah, pohon kelapa kopyor bisa dibilang belum tumbuh terlalu tinggi. Dengan menanam pohon kelapa, Anda bisa mengurangi suntuk kerja sekaligus menyulap kebun atau halaman menjadi lebih teduh dan produktif.

Jadi, jika Anda tertarik untuk memulai membudidayakan kelapa, khususnya kelapa kopyor, Vista Agro siap membantu menyediakan bibit kelapa kopyor unggul. Apabila Anda berlokasi di sekitar Jogja, Anda dapat langsung ke tempat kami di Dusun Rejek Lor, RT 02/ RW 24, Desa Tirtoadi, Kecamatan Mlati, Kabupaten Sleman. Kami juga bisa dihubungi di nomor WhatsApp (WA): 082136461851

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Keuntungan Menanam Pohon Kelapa

  Menanam pohon kelapa memberikan berbagai keuntungan ekonomi, ekologis, dan sosial. Berikut adalah beberapa manfaat atau keuntungan yang ...