Minggu, 19 April 2020

Filosofi Kelapa di Lambang Pramuka



Tunas kelapa dibuat sebagai symbol gerakan pramuka sejak tahun 1961 oleh salah seorang penggerak pramuka yang kebetulan seorang pegawai pertanian. Pemilihan tunas kelapa sebagai symbol pramuka bukan tanpa alasan.  Ada pesan filosifis yang terkandung di dalam lambang pramuka.

Mudah Tumbuh

Pohon kelapa termasuk bibit kelapa kopyor, mudah tumbuh di berbagai iklim dan tanah di Indonesia. Ini menunjukkan bahwa gerakan pramuka harus bisa tumbuh dan menginspirasi di berbagai situasi dan kondisi. Senantiasa hidup dan bertunas untuk meneruskan tongkat estafet perjuangan para pendiri bangsa.
tunas kelapa kopyor

Tahan Lama


Pohon kelapa terkenal memiliki daya tahan lama dibanding tanaman lama. Bila ia dicabut dari tanah, ia bisa bertahan selama berhari hari tanpa disiram dengan air sekalipun. Daya tahan ini menunjukkan bahwa gerakan pramuka menenkankan setiap kader pramuka dituntut untuk tahan banting dan kuat jasmani dan rohaninya.

Mampu beradaptasi

Pohon kelapa mampu beradaptasi dalam berbagai situasi kondisi. Ini menunjukkan bahwa setiap anggota pramuka dituntut untuk mampu beradaptasi di setiap zamannya. Ia tidak boleh kaku, statis dan gagap menghadapi perkembangan zaman. Anggota pramuka dituntut selalu kreatif inovatif menyongsong masa depan yang gemilang.

Tunas kelapa dibuat sebagai symbol gerakan pramuka sejak tahun 1961 oleh salah seorang penggerak pramuka yang kebetulan seorang pegawai pertanian. Pemilihan tunas kelapa sebagai symbol pramuka bukan tanpa alasan.  Ada pesan filosifis yang terkandung di dalam lambang pramuka.



Menjulang Tinggi

Pohon kelapa tumbuh menjulang tinggi ke langit angkasa. Ini menunjukkan bahwa gerakan pramuka dituntut untuk memiliki cita cita yang tinggi dengan tetap berpijak kuat di bumi. Cita cita yang tinggi membuat anggota pramuka memiliki semangat tekat untuk melakukan perubahan di tengah masyarakat.

Akar dan Batang Kuat

Masih ingat tragedy tsunami di Aceh hingga ke Thailand 2004, kelapa waktu itu menjadi garda depan yang menghalang terpaan ombak tsunami dan mampu berdiri dengan kuatnya. Akar dan batang yang kuat ini menunjukkan bahwa kita dituntut selalu kuat menghadapi tantangan zaman. Kuat menghadapi berbagai persoalan yang menimpa kita. Tidak mudah cengeng, labil, putus asa dan lemah.

Kaya Manfaat

Pohon kelapa di seluruh bagian akar, buah, batang, dan rantingnya bermanfaat bagi umat manusia. Ini menujukkan bahwa kita dituntut untuk selalu memberikan manfaat bagi orang lain. “sebaik baik kalian adalah yang paling banyak memberikan manfaat bagi orang lain”, hadits red. Untuk itu, kita diharapkan tidak menjadi benalu bagi orang lain. Akan tetapi kita bisa memberikan keteduhan, kesegaran dan kebermanfaatan bagi orang lain.

Vista Agro supplier Bibit Tunas Kelapa Pramuka
bibit kelapa kopyor siap tanam
bibit kelapa kopyor siap tanam dan siap kirim


Anda sedang membutuhkan tunas kelapa? Vista agro merupakan supplier bibit kelapa kopyor unggul dengan ukuran pramuka, yakni sudah bertunas dua hingga tiga daun. Visa agro siap mengirim bibit kelapa kopyor ke berbagai wilayah di Indonesia melalui berbagai ekspedisi terpercaya; baik jalur darat dan udara. Untuk Tanya Tanya dan pemesanan bisa menghubungi WA kami di 082136461851 beralamat di Dusun Rajek Lor RT 02 RW 24 Desa Tirtoadi Mlati Sleman.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Keuntungan Menanam Pohon Kelapa

  Menanam pohon kelapa memberikan berbagai keuntungan ekonomi, ekologis, dan sosial. Berikut adalah beberapa manfaat atau keuntungan yang ...