Jumat, 10 April 2020

Cara Budidaya dan Perawatan Kelapa Kopyor Agar Hasil Panen Maksimal



Gelar pohon kehidupan mungkin patut disematkan pada tumbuhan kelapa. Sebab, seluruh bagian pada pohon ini bisa dimanfaatkan oleh manusia, baik itu buah, daun, ataupun serabutnya. Kelapa merupakan tanaman multimanfaat yang mudah ditemui di wilayah beriklim tropis.  Tanaman ini telah tersebar di 86 negara dan diusahakan oleh sekitar lebih dari 10 juta keluarga. Tak hanya jadi sumber makanan dan minuman, pohon ajaib ini bisa juga dimanfaatkan sebagai bahan bangunan dan rumah; kerajinan tangan; bahan campuran pada industri kosmetik, sabun, dan masih banyak lagi
.
Namun, kelapa seperti halnya tumbuhan lainnya yang banyak jenisnya. Salah satu jenis kelapa yang sedang populer adalah kelapa kopyor. Kini, bibit kelapa kopyor unggul banyak diburu oleh pembudidaya. Pasalnya, kelapa ini memiliki nilai yang cukup tinggi di pasaran. Jika diolah menjadi makanan atau minuman, kelapa kopyor adalah juaranya. Rasanya manis dengan daging yang lebih renyah atau krispi jika dibandingkan kelapa biasa.

Untuk menjadi pembudidaya hal yang pertama kali perlu diperhatikan adalah bibit tanaman. Agar memperoleh hasil panen maksimal, Anda harus menggunakan bibit kelapa kopyor yang berkualitas unggul. Anda bisa membuatnya sendiri. Namun, jika kesulitan dan tak ingin repot,  Anda bisa memesannya di pembudidaya bibit kelapa kopyor yang sudah terpercaya. Jika Anda tertarik untuk memperoleh bibit kelapa kopyor unggul, Vista Agro yang berlokasi di Dusun Rejek Lor, RT 02/ RW 24, Desa Tirtoadi, Kecamatan Mlati, Kabupaten Sleman, siap membantu Anda menyediakannya.

Pada artikel berjudul “Hama dan Penyakit Tanaman Kelapa”,  kita telah membahas mengenai hama yang biasa menyerang dan mengancam hidup pohon kelapa. Jadi, pada kesempatan kali ini, kita akan membahas cara pemeliharaan kelapa kopyor dengan hasil panen maksimal dan memuaskan.



Pemeliharaan Kelapa Kopyor

Sampai berumur tiga tahun petani harus intensif memelihara tanaman kelapa kopyor. Sebab, pertumbuhan tanaman kelapa yang masih muda sangat berpengaruh pada produksi buah kelapa nantinya. Tak jauh beda dari perawatan kelapa biasa, perawatan kelapa kopyor meliputi kegiatan-kegiatan, yaitu penyulaman, penyiraman, pengolahan tanah, pemeliharaan jalan kebun dan drainase, pemberian mulsa, pemupukan hingga pembersihan mahkota daun.

Penyiraman

Penyiraman bibit kelapa kopyor sangat diperlukan sampai tanaman berusia tiga tahun. Penyiraman ini sangat berarti apabila kekeringan datang akibat musim kemarau. Waktu terbaik melakukan penyiraman adalah sore hari. Pasalnya, di sore hari, tanah sudah dingin sehingga memudahkan air untuk langsung masuk ke dalam tanah dan meresap sempurna.
Untuk jumlah air dan frekuensi yang diperlukan sangat bergantung panda kondisi lingkungan, bisa setiap hari, bisa juga dua hari.

Pengolahan Tanah

Pengolahan tanah ini sangat diperlukan. Pasalnya, pengolahan tanah memiliki banyak manfaat bagi kelangsungan hidup tanaman. Saat musim kemarau tiba, pengolahan tanah bertujuan untuk mengurangi penguapan air. Pengolahan tanah juga dapat membasmi hama tanaman kelapa yang terdapat di sekitar batang bawah tanaman. Pengolahan tanah ini tak harus dilakukan di seluruh kebun. Anda bisa melakukannya haya di sekitar batang tanaman, pada batas satu meter di luar piringan.    

Pengolahan tanah dapat dilakukan dengan melakukan penacngkulan dangkal (kecrok). Ini bisa dilakukan pada awal musim hujan dan awal musim kemarau. Penangkulan dangkal ini untuk memiyis akar-akar yang tumbuh dekat dengan permukaan tanah. Upaya ini dilakukan guna menstimulir terbentuknya akar-akar baru. Artinya, akan ada akar yang lebih banyak jumlahnya di kemudian hari. Hal ini baik bagi tanaman. Nantinya akar akan menyerap unsur hara yang bermanfaat bagi pertumbuhan tanaman.

Pemeliharaan Jalan Kebun dan Drainase

Pemeliharaan jalan kebun sangat perlu. Jalan yang terawat dengan baik mempermudah akses pekerjaan dan aktivitas keluar masuk kebun. Pemeliharaan jalan bisa dilakukan minimal setiap bulan.  Begitu pun pemeliharaan saluran drainase. Saluran drainase berfungsi sebagai tempat pembuangan air hujan maupun sisa air pengairan. Pembersihan pada saluran ini sangat perlu apabila musim memasuki masa penghujan. Jangan sampai kotoran yang menumpuk di saluran drainase menghambat jalannya air.

Pemberian Mulsa

Pemberian mulsa memiliki fungsi untuk menjaga kelembaban tanah. Hal ini menjadi penting sebab pemberian mulsa juga memiliki efek mengurangi penguapan air tanah, menegar tanah lekas padat, dan menekan pertumbuhan rumput pengganggu dan gulma. Selain itu pemberian mulsa juga dapat menambah bahan organik yang tersedia dalam tanah. Pemberian mulsa idealnya dilakukan pada musim kemarau.

Pemupukan

Cara pemberian pupuk pada tanaman kelapa adalah dengan sistem rorakan. Sistem rorakan adalah menaburkannya dengan pola melingkari batang tanaman, dengan jarak sekitar 1 m – 1,5 m dari batang tanaman. Setelah pemberian, pupuk ditutup dengan tanah agar tak hilang karena menguap terkena sinar matahari.

Pemupukan baiknya dilakukan pada awal dan akhir musim hujan. Seperti jenis tanaman budidaya lainnya, pemupukan sangatlah diperlukan pada pohon kelapa kopyor. Pemupukan dapat meningkatkan kualitas tanah. Hal ini baik untuk pertumbuhan dan produktivitas tanaman. Untuk dosis pemberian pupuk berbeda pada tiap tempat, tergantung umur tanaman, kondisi lingkungan, dan tingkat kesuburan lahan

Membersihkan Mahkota Daun

Pembersihan mahkota dilakukan pada tanaman kelapa yang sudah berbuah. Hal ini dimaksudkan agar intensitas cahaya matahari yang masuk ke dalam mahkota atau daun muda. Tujuannya adalah agar proses asimilasi dan aktivitas organik lain meningkat. Pembersihan ini umumnya dilakukan bersamaan dengan pemanenan. Anda bisa membuang pelepah daun yang mengering dan beberapa kotoran lain yang berada di mahkota.

Jika Anda tertarik membudidayakan tanaman satu ini, kami (Vista Agro) siap membantu menyediakan bibit kelapa kopyor unggul. Anda bisa langsung datang di tempat kami di Dusun Rejek Lor, RT 02/ RW 24, Desa Tirtoadi, Kecamatan Mlati, Kabupaten Sleman. Kami juga bisa dihubungi di nomor WhatsApp (WA): 082136461851

1 komentar:

Keuntungan Menanam Pohon Kelapa

  Menanam pohon kelapa memberikan berbagai keuntungan ekonomi, ekologis, dan sosial. Berikut adalah beberapa manfaat atau keuntungan yang ...